Contoh Format Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Format Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan - biasanya jenis surat yang satu ini juga banyak dibutuhkan. Untuk rekan pelajar bisa sebagai salah satu syarat mendapatkan bantuan.

Untuk masyarakat umum bisa juga untuk mendapatkan fasilitas keringanan misalnya di kesehatan dan lain sebagainya. Ada banyak sekali surat menyurat yang sering kita butuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Diantara surat - surat tersebut ada surat yang bisa kita buat sendiri seperti surat pernyataan dan ada juga yang harus dibuat oleh orang lain seperti misalnya surat keterangan dari kelurahan.

Kali ini saya akan berbagi sebuah format surat atau draft surat yaitu untuk surat keterangan tidak mampu yang bisa kita dapat dari kelurahan.

Surat ini tentunya dibuat oleh kepala dengan resmi untuk keperluan yang kita butuhkan. Isinya tentu menerangkan bahwa kita adalah salah satu warganya yang kurang mampu atau tidak mampu atau termasuk ekonomi lemah atau miskin.

Untuk keterangan yang akan kita berikan ini adalah keterangan tidak mampu (surat miskin) yang dibutuhkan oleh seorang pelajar atau siswa yang akan dipergunakan atau diperuntukkan sebagai syarat pengajuan atau pengambilan bantuan siswa miskin di sekolah.

Lalu, bagaimana bentuk dari keterangan tersebut? Secara umum bentuk surat tersebut ya tidak jauh berbeda dengan surat keterangan lain yang biasa digunakan. Dibagian atas sendiri ada kop atau kepala surat dari instansi yang mengeluarkan surat tersebut.

Setelah kepala surat ada judul surat yang dilengkapi juga dengan nomor dari surat tersebut. Nomor surat itu sendiri penulisannya ya sesuai dengan aturan yang berlaku di masing-masing instansi. Setelah itu, surat akan dibuka dengan isi yang memuat siapa yang membuat keterangan.

Sebagai contoh, kalimat pembukanya yaitu "Kami yang bertanda tangan di bawah ini kepala Kampung ...... Kec. ..... Kab. ..... dengan ini menerangkang bahwa:"

Setelah kalimat tersebut nanti akan ditulis juga informasi atau identitas mengenai pihak yang akan diterangkan. Informasi atau identitas tersebut antara lain meliputi nama, tempat tanggal lahir, status, agama, alamat dan seterusnya.

Demikian seterusnya sampai penutup. Lalu, bagaimana cara menyusun keterangan yang dimaksud? Ingin tahu bagaimana penyusunan surat ini, mari langsung saja kita lihat bersama-sama contoh format surat tersebut dibawah ini.


PEMERINTAH KABUPATEN LAMPIRAN
KECAMATAN DRAFT FORMAT
PEKON BLOG CONTOH SURAT
Sekretariat: Balai Pekon Blog Contoh Surat Kec. Draft Format Kab. Lampiran Kode Pos 352164


SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU
NO: 008/01/22.07.08/2011

Kami kepala Pekon Blog Contoh Surat Kecamatan Draft Format Kabupaten Lampiran, menyatakan:
Nama                                       : ..............................................
Tempat/Tgl Lahir                      : ..............................................
Siswa                                       : ..............................................
Kelas                                       : ..............................................
Tempat Tinggal             : Pekon Blog Contoh Surat Kecamatan Draft Format
  Kabupaten Lampiran
Anak dari:
Nama                                       : SANTOSO
Umur                                        : 46 Tahun
Pekerjaan                                 : Petani
Tempat Tinggal             : Pekon Janti, Kecamatan Klarah
                                                  Kabupaten Toplek

Bahwa yang bernama tersebut diatas dengan keberadaan yang sebenarnya termasuk KK Tidak Mampu.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya, mohon kepada semua pihak yang terkait harap maklum dan terima kasih.

DIKELUARKAN DI           : BLOG CONTOH SURAT
PADA TANGGAL                  ­­: 29 JANUARI 2011
                        AN. KEPALA PEKON
WALI MURID                                                                               JURU TULIS



NAMA ORANG TUA                                                              NAMA JURU TULIS



Surat Surat Keterangan Tidak Mampu di atas dapat digunakan sebagai bahan atau syarat dalam mengikuti program-program beasiswa masuk perguruan tinggi atau lainnya. Sampai disini, semoga bermanfaat.