Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah Sederhana

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Ada banyak sekali contoh surat perjanjian dan salah satunya surat perjanjian jual beli tanah. Untuk memberikan gambaran mengenai perjanjian ini berikut akan saya berikan sebuah contoh perjanjian jual beli tanah sederhana sebagai bahan acuan dan referensi dalam membuat surat semacam ini.

Diberi judul sederhana karena memang perjanjian ini bisa dengan mudah anda susun sendiri, apalagi jika anda sudah mengetahui contohnya. Surat ini meski sederhana tetapi tetap harus memenuhi standar surat berharga yang berlaku. Tapi sebelum kita membahas lebih banyak mengenai hal ini mari kita lihat juga beberapa contoh perjanjian jual beli lainnya yaitu:

1) Contoh surat perjanjian jual beli
2) Contoh pasal-pasal surat perjanjial jual beli

Dalam membuat surat ini anda harus memperhatikan bahwa informasi atau data yang disertakan harus sesuai kebutuhan. Beberapa data atau informasi dalam surat ini antara lain sebagai berikut:

1. Identitas diri
2. Isi perjanjian
3. Saksi-saksi

Identitas diri dalam hal ini adalah identitas kedua belah pihak yaitu identitas orang yang menjual dan juga identitas yang membeli tanah tersebut. Untuk identitas ini biasanya terdiri dari:

a. nama
b. umur
c. pekerjaan
d. alamat

Ditulis dengan benar dan jangan sampai ada kekeliruan data maupun dalam penulisan. Selanjutnya, informasi berikutnya adalah mengenai isi perjanjian jual beli yang dilakukan. Isi perjanjian biasanya memuat beberapa informasi seperti misalnya harga, letak, tata cara pembayaran, dan sebagainya. 

Untuk memperkuat perjanjian ini selanjutnya surat ditandatangani oleh kedua belah pihak dengan disertai dengan saksi-saksi dari kedua belah pihak. Ditanda tangani di atas meterai dengan kekuatan hukum yang cukup.

Selain saksi biasanya ada juga yang melibatkan pejabat kelurahan misalnya kepala kampung. Agar lebih jelas mengenai format surat perjanjian jual beli anah ini silahkan lihat contohnya berikut.

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH

Pada hari ini kamis tanggal 13 Agustus 2010 yang bertanda tangan dibawah ini:
            Nama                           : Janda Satu Anak
            Umur                            : 25 Tahun
            Pekerjaan                     : Wiraswasta
            Alamat                         : Neng Keneke
Sebagai penjual selanjutnya disebut pihak pertama, setelah mengadakan perjanjian jual beli dengan:
            Nama                           : Ayo Maju Sutrisno
            Umur                            : 26 Tahun
            Pekerjaan                     : Guru
            Alamat                         : Jauh Sekali
Sebagai pembeli selanjutnya disebut pihak kedua, isi perjanjian tersebut:
Pasal 1
Pihak kedua telah menyerahkan uang sebanyak Rp. 30.000.000,00 sebagai penjual sebidang tanah tersebut berjanji akan membawa perkara kemuka pengadilan secara damai jika mengalami kegagalan.
Pasal 2
Apabila kelak terjadi perselisihan atas sebidang tanah tersebut kedua pihak berjanji tidak akan membawa perkara kemuka pengadilan secara damai jika mengalami kegagalan.
Pasal penutup
Perjanjian ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun dan dibuat rangkap dua dengan kekuasaan hukum.

              Pihak Kedua                                                                 Pihak Pertama

Ayo Maju Sutrisno                                                     Janda Satu Anak

Saksi-saksi
1.      Bapak Yunusun
2.      Bapak Ayubin
3.      Bapak Zakaryatul

Contoh di atas merupakan contoh yang paling sederhana dalam perjanjian jual beli sebidang tanah, lain waktu saya akan memberikan contoh lain yang lebih lengkap dan panjang sebagai bahan perbandingan. Cukup disini dulu pembahasan kali ini, jangan lupa untuk menemukan contoh surat lainnya hanya di blog ini.