Contoh Format Surat Berita Acara Pemeriksaan Tanah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Format Surat Berita Acara Pemeriksaan Tanah. Pada update ini akan sedikit berbeda karena kita akan berbicara mengenai draft untuk surat dari kampung yaitu berita acara pemeriksaan tanah dimana surat ini biasanya dibuat setelah terjadi jual beli tanah.

Dalam draft ini kita akan mempelajari berbagai bagian dari berita acara pengukuran atau pemeriksaan tanah termasuk di dalamnya tentang informasi kepemilikan dan juga informasi detail tanah yang diperjual belikan.

Pada surat tanah yang satu ini terdapat judul beserta nomor dari surat tersebut. Didalamnya, dibagian awal surat akan dinyatakan secara rinci mengenai waktu dan tempat pemeriksaan tanah yang dimaksud.

Rincian tersebut meliputi informasi mengenai hari, tanggal, bulan tahun, salah satu pemilik tanah yang berbatasan dengan tanah yang diperiksa, alamat atau lokasi tanah serta luas tanah yang dimaksud. Semua ditulis dengan jelas dan tidak ada kesalahan ketik.

Pada bagian berikutnya akan diberikan juga detail mengenai batas-batas tanah. Batas tersebut akan menjelaskan batas tanah sebelah utara, timur, selatan dan barat yaitu berbatasan dengan tanah milik siapa.

Baru kemudian setelah itu akan dimuat keterangan dari tua-tua kampung. Keterangan tersebut meliputi jenis hak milik dan juga riwayat asal usul tanah mulai dari awal sampai pemilik terakhir.

Surat ini kemudian dibubuhi tanda tangan yaitu antara kedua belah pihak yaitu pihak pertama dan kedua sebagai penjual/pemberi hibah dan pembeli/penerima hibah. Selain itu, surat ini juga ditandatangani oleh masing-masing pemilik tanah yang berbatasan.

Ada juga tanda tangan tua-tua kampung (sebanyak 2 orang), ketua RT dan ketua RW, dua orang saksi dan juga tanda tangan kepala kampung/lurah dimana surat tanah tersebut di buat. Jadi, surat ini ditandatangani oleh banyak orang sehingga kuat dan tidak ada sengketa atau perselisihan. Lebih jelas, silahkan lihat contohnya di bawah ini.


BERITA ACARA

PEMERIKSAAN TANAH DAN PERNYATAAN TUA-TUA KAMPUNG
NOMOR: 352.6/C.30.1/...../2011

Pada hari ini ............ Tanggal ............ kami yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Kampung ............ ............ bersama dengan pemilik tanah beserta tua-tua kampung dan pemilik tanah yang berbatasan dengan saudara ............ ............ telah melakukan pemeriksaan terhadap sebidang tanah ............ yang terletak di jalan / blok dusun ............ RT ... RW ... Kampung ............ seluas ............ M2 (........................ Meter Persegi) dengan batas-batas sebagai berikut:

Ø      Sebelah utara berbatasan dengan          : ............ ............ ............
Ø      Sebelah timur berbatasan dengan          : ............ ............ ............
Ø      Sebelah selatan berbatasan dengan        : ............ ............ ............
Ø      Sebelah barat berbatasan dengan          : ............ ............ ............

Dari hasil pemeriksaan di lapangan dan mendengar keterangan tua-tua kampung dapat dijelaskan bahwa:
-         Tanah tersebut adalah milik yang belum terdaftar
-         Riwayat / asal usul tanah tersebut sebagai berikut:
  1. Semula tanah tersebut kepunyaan ............ ............ ............ yang diperoleh dari ............ ..........
  2. Pada tanggal ............ ......... tanah tersebut kepunyaan ............ .........berdasarkan ............ ..........
  3. Pada tanggal ............ ......... beralih kepada ............ .........berdasarkan ............ ..........
  4. Pada tanggal .......................beralih kepada .................. berdasarkan ............................

Batas-batas / tanda tanah tersebut adalah sesuai dan benar berada ditempatnya serta diakui oleh pihak-pihak yang berbatasan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa tanah dimaksud adalah benar kepunyaan saudara ............ ......... yang secara fisik pada saat ini dipergunakan untuk ............ ......... dan tidak ada sangkut paut atau sengketa dengan pihak lain.

Demikian berita acara ini dibuat dengan penuh tanggungjawab untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Dunia Maya, ............ .........2011

  Pemilik Tanah                                    Pemilik Tanah                            Kepala Kampung ............ .........
  Pihak Pertama                                    Pihak Kedua                                  Kecamatan ............ .........


   ............ .........                                   ............ .........                                         ............ .........

Tua-tua kampung                                                       Pemilik tanah berbatasan:
  1. Nama    (…………………)    1. Utara            : Nama                         (…………………)
  2. Nama    (…………………)    2. Timur            : Nama                         (…………………)
3. Selatan         : Nama                         (…………………)
4. Barat            : Nama                         (…………………)

Ketua Kadus / RT                                                                  Saksi-Saksi
1.      Nama                     (…………………)                              1. Nama           (…………………)
2.      Nama                     (…………………)                              2. Nama           (…………………)


Saya rasa draft tersebut cukup untuk kita gunakan sebagai bahan belajar dalam mempelajari salah satu jenis surat yang banyak dibutuhkan di sekitar kehidupan kita sehari-hari, semoga apa yang disertakan memberi manfaat. Sampai bertemu di contoh surat dan draft surat lainnya pada update mendatang.