Contoh Surat Perintah Kerja dari PT Air Trans

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Perintah Kerja dari PT Air Trans. Sebelum menjalankan suatu pekerjaan di kantor terkadang kita membutuhkan surat perintah kerja lalu bagaimana bentuk surat tersebut? Untuk mengetahuinya berikut akan diberikan sebuah contoh surat perintah kerja dari PT Air Trans sebagai gambaran dan bahan belajar bagi kita yang membutuhkan.

Surat perintah kerja merupakan jenis surat yang berisi mandat atau perintah untuk melaksanakan tugas yang diberikan. Surat ini ditulis oleh pihak yang berwenang atau atasan yang ditujukan kepada bawahannya agar dapat melaksanakan suatu pekerjaan tertentu.

Lalu mengapa suatu pekerjaan harus membutuhkan surat tersebut. Tidak lain adalah bahwa ada kalanya suatu pekerjaan harus dikerjakan oleh orang-orang tertentu yang benar-benar berpengalaman dalam bidangnya dan memiliki otoritas dan kewenangan untuk melakukan pekerjaan tersebut. 

Disini jelas bahwa salah satu fungsi surat perintah kerja tersebut adalah memberikan kewenangan kepada seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dipercayakan kepadanya.

Melihat dari contoh tersebut kita dapat mengetahui setidaknya ada tiga bagian penting dalam surat tugas tersebut. Yang pertama adalah informasi mengenai si pemberi tugas, dalam hal ini atasan yang berwenang untuk memberikan tugas atau perintah. Informasi kedua tentunya adalah informasi mengenai si penerima tugas yaitu orang yang akan diminta untuk melaksanakan tugas pekerjaan tertentu. Selanjutnya adalah informasi mengenai pekerjaan yang harus dikerjakan atau ditangani.

Surat tugas kerja tersebut ditanda tangani oleh pemberi tugas lengkap dengan tanggal dan tempat ditetapkan serta jabatan. Biasanya surat tugas berlaku sejak tanggal ditetapkan yaitu tanggal yang tercantum dibagian tanda tangan pemberi tugas.





Contoh Surat Perintah Kerja


PT.INDONESIA AIR TRANSPORT
Jalan Marsmanda No.32 Sepinggan
BALIKPAPAN
============================================================


SURAT PERINTAH KERJA
No . 120/SP/K/2013

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Abal Abal Kurnia
Jabatan             : Local Engineer L/A
Alamat             : Jalan Mt.Haryono No.7

Memberikan perintah kerja kepada :

Nama               : Topan Anak Jalanan
Jabatan             : Engineer L/A
Alamat             : Jalan Pendana 2 No.1

Spesifikasi pekerjaan :
1 . Mengecek pesawat fix swing setiap bulan.
2 . Membuat laporan data monitoring tiap bulannya keadaan pesawat.
3 . Menindaklanjuti pembongkaran 3000 jam terbang.

Demikian surat perintah kerja ini agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih .

Dikeluarkan di        : Balikpapan
Pada tanggal           : 23 Oktober 2013
PT. INDONESIA AIR TRANSPORT



Abal Abal Kurnia
Local Engineer L/A



Sekarang dengan sedikit ulasan tersebut semoga saja kita semua lebih memahami lagi mengenai surat perintah kerja yang biasa diperlukan dalam dunia kerja. Sampai disini, lain waktu kita akan bertemu lagi pada pembahasan surat tugas lainnya.