Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi Barang

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi Barang - Masih termasuk jenis surat niaga kali ini kita akan belajar tentang Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi untuk berbagai keperluan pembelian dan penjualan barang. Yang akan diberikan dalam pembahasan contoh kali ini adalah format kosong dari ketiga jenis surat niaga tersebut. Satu persatu secara urut akan dibahas lebih rinci di bawah.

Seperti kita ketahui bersama, dalam proses jual beli di perusahaan biasanya kita membutuhkan bukti surat menyurat yaitu diantaranya adalah Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi. Ketiganya sangat penting baik itu sebagai pedoman maupun sebagai arsip. Lalu bagaimana bentuk dari ketiga surat tersebut, mari kita lihat masing-masing contohnya di bawah ini.

Contoh Format Faktur (Tagihan)

Tagihan atau faktur (bahasa Belanda: factuur), adalah sebuah perincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang, harga dan hal-hal lain yang biasanya terkait dengan pembayaran. Setiap perusahaan mempunyai bentuk faktur yang berbeda, sesuai kebutuhan masing-masing. 

Sebagaimana surat resmi lainnya, faktur akan memuat beberapa informasi terkait identitas surat yaitu meliputi tempat dan tanggal surat, nama penerima, judul, dan juga nomor. Untuk isinya, secara umum sebuah faktur merupakan suatu bukti surat dagang yang memuat rincian dari barang-barang yang dikirim kepada pihak tertentu. Rincian barang tersebut antara lain meliputi:
- Nama Barang
- Jumlah Barang (Banyaknya)
- Harga Satuan
- Jumlah Harga

Untuk lebih jelas mengenai bentuk surat tagihan ini silahkan langsung dilihat contoh format faktur yang ada di bawah ini.

Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi Barang

Perlu diingat lagi bahwa bentuk dan isi faktur bisa saja berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Bentuk faktur ini tentunya akan mengacu pada kebijakan masing-masing.

Contoh Surat Jalan Pembelian Barang

Surat yang berkaitan dengan pembelian barang selanjutnya adalah surat jalan. Surat Jalan adalah dokumen yang berfungsi sebagai surat pengantar atas barang yang tercantum di dalamnya yang ditujukan kepada penerima dan mempunyai kekuatan hukum atas legalitas yang diperlukan di jalan raya mulai dari keluar perusahaan sampai memasuki wilayah milik penerima sehingga barang dengan jumlah serta spesifikasi yang disertai dengan beberapa informasi lainnya diterima oleh penerima.

Untuk isi surat jalan ini tentunya akan berisi identitas barang atau informasi yang berkaitan dengan barang yang akan dikirim. Beberapa diantara informasi tersebut yaitu:
  1. Nama Barang
  2. Jumlah Barang
  3. Keterangan


Agar lebih jelas mengenai bentuk dan isi dari surat tersebut silahkan langsung dilihat contoh surat jalan yang diberikan berikut!

Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi Barang

Contoh Kwitansi Pembelian Barang

Yang terakhir berkaitan dengan jual beli barang adalah kwitansi. Pada kwitansi akan tertera beberapa informasi ringkas yaitu mulai dari judul kemudian nomor kwitansi, nama pembeli, jumlah uang serta untuk pembayaran apa uang yang diberikan. Lebih jelas mengenai hal ini silahkan lihat contoh kwitansi berikut!

Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi Barang


Demikianlah tadi ketiga Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi yang sering dibutuhkan. Semoga contoh yang diberikan kali ini bisa berguna bagi kita semua yang membutuhkan. Jangan lupa lihat juga beberapa contoh surat niaga lainnya di bagian bawah, Administrasi, Contoh Surat, Form, surat.