Contoh Surat Pengantar Proposal Permohonan Dana

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Pengantar Proposal Permohonan Dana - Jika kita melihat berbagai jenis surat menyurat yang banyak di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari Permohonan Dana adalah salah satu surat yang penting dan banyak di butuhkan. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas sebuah contoh untuk Pengantar Proposal Permohonan Dana, agar lebih jelas dan dapat dijadikan tambahan referensi belajar.

Salah satu contoh yang membutuhkan Surat Pengantar Proposal Permohonan Dana biasanya adalah proses atau kegiatan pembangunan tempat ibadah seperti masjid, gereja dan lain sebagainya. Kali ini kebetulan contohnya adalah pengantar proposal untuk masjid. 

Jika kita ingin mengajukan permohonan dana kepada instansi pemerintah atau instansi lain yang dianggap bisa membantu biasanya kita membutuhkan surat pengantar ini. Surat ini sama dengan surat resmi lain ditulis dalam format resmi dengan bahasa baku.

Susunannya juga sama dengan surat resmi lainnya. Sedangkan untuk isi, Surat Pengantar Proposal Permohonan Dana akan memuat beberapa informasi penting yang berkaitan yaitu antara lain sebagai berikut:
1. Siapa yang mengajukan (Identitas pemohon baik individu maupun lembaga atau institusi)
2. Latar belakang / alasan pengajuan proposal
3. Untuk apa permohonan tersebut (Dana akan digunakan untuk apa)

Identitas pemohon tentu akan berkaitan dengan data penanggungjawab, misalnya panitia pembangunan dan lain sebagainya. Untuk latar belakang, akan diungkapkan alasan yang memicu permohonan dana diajukan (biasanya karena kekurangan dana) sedangkan untuk penggunaan bisa dijelaskan yaitu untuk pembangunan dan lain sebagainya. 

Bagaimana dengan format surat ini? Untuk format baik kalimat dan tata penulisan sudah disinggung di atas yaitu sesuai dengan kaidah penulisan surat bahasa Indonesia. Jika dijelaskan seperti ini mungkin akan tidak terlalu jelas, agar lebih jelas anda bisa langsung melihat Contoh Surat Pengantar Proposal Permohonan Dana yang disertakan di bawah ini. Berikut, contoh pengantar proposal permohonan dana bantuan pembangunan masjid sebagai contoh tersebut.




KOP SURAT PENGANTAR PROPOSAL
PERMOHONAN DANA

                                                                                    .........................................., ..............
Nomor        :                                                                 Kepada Yth:
Lampiran    :                                                                 Bapak, Ibu, Saudara/i
Perihal        : Permohonan Bantuan Dana                       Kaum Muslimin & Muslimat
                    Pembangunan Masjid                                di Tempat
                         


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Allah SWT dan Rasul-Nya Muhammad SAW memerintahkan umat Islam dimanapun mereka berada agar membangun masjid. Alangkah indah dan bahagianya umat Islam apabila memiliki sarana peribadatan yang memadai keberadaannya.

Kami dan Panitia Pembangunan Masjid ________________ yang berada di wilayah __________________ Kelurahan _________________, berkeinginan memiliki pusat kegiata da’wah Islam yang memadai dan layak untuk melayani Umat Islam yang membutuhkannya.

Saat ini bangunan Masjid _______________ kondisi bangunannya sudah tidak layak lagi sehingga perlu direnovasi dengan memperbaiki dan memperluasnya, mengingat daya tampung yang sudah tidak memadai untuk kegiatan rutin pengajian, terutama kegiatan Majelis Ta’lim.

Sehubungan dengan hal tersebut terlampir kami kirimkan proposal pembangunan Masjid ___________________dengan harapan kiranya dapat membantu meringankan beban pembiayaan pembangunan tersebut.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian, dukungan serta bantuan dari Bapak/Ibu kami ucapkan banyak terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb


PANITIA PEMBANGUNAN MASJID


          Mengetahui                                             Ketua                                Sekretaris
          Ketua DKM                                     Pembangunan                                



______________________               ___________________           _______________


Format di atas hanyalah sebuah contoh untuk ilustrasi tentang Surat Pengantar Proposal Permohonan Dana. Akan sangat mungkin ada bentuk atau kalimat yang berbeda di setiap lembaga, daerah atau orang tertentu. Silahkan digunakan sebagai bahan referensi pembelajaran. Jangan lupa lihat juga beberapa contoh format surat lainnya yang ada di bawah, Administrasi, Contoh Surat, Form, surat, Surat Izin.