Contoh Surat Izin Kegiatan Seminar dari Orang Tua Wali

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh Surat Izin Kegiatan Seminar dari Orang Tua Wali - Izin dari orang tua atau wali merupakan suatu keharusan bagi pelajar atau mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan di luar sekolah.

Izin ini tentunya sangat penting baik itu sebagai kontrol orang tua terhadap anak maupun sebagai langkah koordinasi bagi penyelenggara untuk memberitahukan mengenai keikutsertaan yang bersangkutan.

Pada kegiatan sekolah atau kampus biasanya diperlukan surat izin mengikuti kegiatan, terutama bagi para calon peserta kegiatan, dan juga bilamana kegiatannya dilaksanakan untuk beberapa hari kedepan.

Surat izin mengikuti kegiatan ini biasanya ditujukan kepada orang tua peserta, pihak sekolah atau kampus yang memberikan izin untuk tidak hadir dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Surat ini karena merupakan surat resmi maka ditulis dalam format surat resmi yaitu menggunakan format dan bahasa baku. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan izin seperti ini antara lain sebagai berikut:

1. Waktu pelaksanaan (meliputi hari, tanggal, bulan, tahun dan jam kegiatan akan dilaksanakan)
2. Nama dan jenis kegiatan
3. Lokasi atau tempat kegiatan
4. Penanggungjawab kegiatan

Selain surat ini ada juga beberapa surat terkait selain Surat Izin Kegiatan Seminar dari Orang Tua Wali yaitu antara lain:

1. Contoh surat izin orang tua untuk mengikuti kegiatan sekolah
2. Contoh surat izin orang tua kegiatan pramuka
3. Contoh surat izin orang tua untuk visa dalam bahasa inggris
4. Contoh surat izin orang tua untuk mengikuti lomba
5. Contoh surat izin orang tua untuk liburan
6. Contoh surat izin orang tua untuk membuat paspor
7. Contoh surat izin orang tua untuk melamar kerja
8. Contoh surat izin orang tua untuk kuliah

Untuk lebih jelas dalam menyusun surat izin seperti ini kita perlu mempelajari contohnya terlebih dahulu. Dengan begitu kita bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik. Berikut contoh surat izin mengikuti kegiatan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

PANITIA PELAKSANA
SEMINAR NASIONAL KEBANGKITAN BANGSA
DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT RI KE-69 TAHUN 2014
 --------------------------------------------------------------------------------------------------

Jakarta, 10 Agustus 2014

Nomor    : -
Perihal     : Permohonan izin mengikuti kegiatan
Lampiran : -

Kepada Yang Terhormat,
Bapak/Ibu Orang Tua Siswa (i) .........................
Di -
     Tempat

Dengan Hormat,

Dalam rangka penyambutan HUT RI yang ke-69, kami panitia pelaksana berencana akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Kebangkitan Bangsa yang akan dilaksanakan pada:

Hari,Tanggal   : Senin - Rabu, 19 - 25 Agustus 2014
Tempat           : Hotel Greenpool, Jakarta

Bersama ini memohon kesediaan Bapak/Ibu orang tua siswa untuk memberikan izin kepada Siswa(i) an. ................................................. untuk mengikuti kegiatan dimaksud.

Demikian surat izin ini kami sampaikan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


Panitia Pelaksana
Seminar Nasional Kebangkitan Bangsa


Johaniar Dayat
Ketua Panitia

Contoh surat izin mengikuti kegiatan di atas dapat Anda gunakan atau disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kegiatan yang Anda akan laksanakan. Tentu tidak harus sama tetapi paling tidak bisa dijadikan gambaran awal.

Baik isi maupun tata penulisannya bisa disesuaikan dengan bentuk surat baku yang berlaku. Kalau sudah sesuai maka tinggal menggunakan contoh di atas agar lebih mudah dan menghemat waktu kita.


Semoga dengan adanya Contoh Surat Izin Kegiatan Seminar di atas kita bisa dengan mudah membuat surat ini apabila di butuhkan. Lain waktu akan kita lengkapi lagi dengan contoh lainnya. Silahkan lihat juga beberapa contoh lain di bagian bawah.