Contoh Surat Laporan Pengaduan Ke Polisi

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Laporan Pengaduan ke Polisi - Berbagai contoh surat telah dihadirkan pada website ini baik itu yang berbentuk format surat, draft maupun contoh lengkapnya. Untuk contoh berikutnya kita akan membahas mengenai surat pengaduan yang akan disampaikan kepada pihak berwajib yaitu kepolisian.

Pengaduan ini seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dibuat untuk dikirimkan kepada pihak berwajib terkait masalah yang sedang dihadapi, dalam hal ini merupakan masalah yang menimbulkan kerugian. Contoh penggunaannya misalnya untuk pengaduan penipuan, pemerasan dan berbagai tindak pidana lain yang merugikan kita. Beberapa contoh lain misalnya sebagai berikut.

1) Contoh cara membuat laporan polisi
2) Laporan pengaduan polisi online
3) Laporan pengaduan masyarakat polisi
4) Laporan pengaduan kepolisian

Pada dasarnya masyarakat dapat membuat laporan pengaduan bila memang terjadi sesuatu hal yang merugikan atau tidak diinginkan. Kami tidak berharap anda akan menggunakan surat seperti ini tetapi paling tidak apa yang dibahas disini dapat memberikan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Sebagai langkah antisipasi maka tidak salah jika kita juga belajar surat seperti ini.

Lalu apakah sulit untuk membuat jenis surat laporan seperti ini? Kalau dikatakan sulit maka jawabannya tidak, yang sulit adalah menerima dengan ikhlas cobaan yang sedang kita hadapi. Berarti semua juga bisa membuat surat ini sendiri di rumah. Agar lebih jelas mari kita bahas lebih jauh mengenai pengaduan tersebut.

1) Cara membuat laporan polisi

Di atas telah dikatakan bahwa untuk membuat surat ini tidaklah sulit. Kalau sudah tahu bagaimana formatnya maka anda bisa mengetik sendiri di rumah. Yang perlu di ingat, dalam Surat Laporan Pengaduan tersebut ada tiga informasi penting yang harus ada berkaitan dengan pelaporannya yaitu sebagai berikut:

1. Data diri pelapor
2. Data orang yang dilaporkan
3. Rincian perkara (masalah)

Dalam laporan tersebut setidaknya tiga informasi di atas haruslah jelas agar dapat dengan mudah dipahami dan ditindaklanjuti oleh pihak berwenang. Beberapa informasi data diri bisa mencakup nama, alamat, nomor KTP, jenis kelamin dan juga informasi kontak (nomor handphone).

Jadi, dalam surat laporan tersebut akan disebutkan dengan jelas nama siapa yang melaporkan begitu juga dengan orang yang dilaporkan. Nama tersebut kemudian diikuti dengan rincian identitas yang mungkin dibutuhkan seperti alamat dan lain sebagainya.

Selanjutnya, laporan ini juga akan menyebutkan dengan jelas permasalahan atau perkara yang sedang dilaporkan. Dalam rincian permasalahan ini anda harus menjelaskan perkara yang terjadi sehingga dapat diketahui apa, siapa, bagaimana kejadian terjadi. Jika dibutuhkan informasi waktu kejadian juga bisa ditambahkan sebagai pelengkap.

Dalam segi penulisan, laporan ke polisi tersebut ditulis berdasarkan kaidah penulisan surat baku yang berlaku yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan format penulisan standar yang berlaku. Jadi, tidak ada yang sulit bukan untuk membuat laporan masyarakat tersebut?

2) Contoh laporan pengaduan

Kadang kalau hanya mendengarkan penjelasan saja sering kali tidak cukup. Akan lebih mudah jika anda bisa mempelajari langsung contoh laporan yang akan anda tulis. Dengan demikian anda bisa memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai bentuk, format dan isi dari laporan yang akan anda buat tersebut. Nah, untuk anda yang membutuhkan contoh untuk pengaduan ini anda bisa langsung melihat contohnya di bagian bawah.


Contoh Surat Laporan Pengaduan ke Polisi
Kepada Yth,
Bapak Kapolsek Jakarta
di -
Jakarta

Hal        : Laporan Penipuan (bisa diganti, sesuaikan dengan perkara Anda)
Lamp     : -

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama             : MBAMBANG
Jenis kelamin  : Laki-laki
No. KTP        : 123456789101112
Alamat           : Jl. Menclamencele Jakarta Pusat
No. Telp        : (021) 987654321321

Dengan ini melaporkan seseorang yang namanya saya sebutkan dibawah ini :

Nama            : PAIJONENG
Jenis kelamin : Perempuan
Alamat          : Jl. Blusuk No. 33 Jakarta
No. Telp        : (021) 5656474785

Saudari PAIJONENG telah melakukan tindak penipuan kepada saya berupa peminjaman uang sebesar Rp 10.000.0000 (Sepuluh Juta Rupiah) apabila setelah 5 (lima) bulan peminjaman uang tersebut akan dikembalikan, dan sampai saat ini atau 8 (delapan) bulan setelah dipinjam uang tersebut belum juga dikembalikan hingga surat ini dibuat.

Sebagai bahan bukti, berikut saya lampirkan foto copy surat perjanjian hutang-piutang yang dibuat dan ditanda tangani oleh kami berdua.

........ :: Lampirkan foto copy surat perjanjian Anda :: ........

Demikian laporan pengaduan penipuan ini saya buat. Saya berharap Bapak Kapolsek Jakarta bersedia untuk membantu menyelesaikan perkara penipuan ini. Atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih.

Jakarta, 17 Agustus 2014
Hormat saya,


MBAMBANG
Pelapor


Contoh di atas bukan merupakan standar yang harus diikuti melainkan hanya sebagai gambaran dan referensi bagi kita semua yang membutuhkan. Dari contoh tersebut paling tidak kita bisa belajar sedikit mengenai bagaimana membuat laporan pengaduan kepada pihak berwenang. Untuk contoh lain anda bisa melihatnya di bagian akhir tulisan ini.