Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana - Memang ada banyak sekali jenis surat yang di butuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari, salah satunya yaitu surat permohonan bantuan dana yang biasanya digunakan untuk mencari tambahan dana bagi suatu kegiatan.

Sebagai surat resmi permohonan ini tentu harus ditulis dalam format yang resmi juga lalu bagaimanakah sebaiknya surat ini di buat? Berikut akan kita bahas sebagai gambaran sebelum menyusun permohonan tersebut.

Permohonan bantuan dana atau sumbangan dana biasanya dibuat/diajukan biasanya beserta dengan proposal bantuan dana seperti untuk permohonan bantuan dana pembangunan sekolah atau yayasan pendidikan dan atau yang umumnya adalah surat permohonan bantuan dana pelaksanaan kegiatan dan lain sebagainya.

Dalam penulisannya, permohonan ini tentu menggunakan bahasa baku yang baik dan benar, bagaimana tidak, surat ini mengemban misi penting dan harus benar-benar diperhatikan. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan Surat Permohonan Bantuan Dana antara lain sebagai berikut:
1. Penggunaan dana bantuan untuk apa
2. Siapa yang bertanggung jawab
3. Bagaimana cara memberikan bantuan yang diminta

Hal pertama yang pasti adalah informasi mengenai tujuan penggunaan dana bantuan yang diminta yaitu untuk apa dana tersebut. Setelah itu jangan lupa juga untuk menyebutkan pihak yang bertanggung jawab, biasanya panitia.

Terakhir jika ada tata cara jangan lupa jelaskan juga bagaimana donatur bisa memberikan bantuan yang diminta. Apabila anda ingin mengetahui gambaran bagaimana bentuk permohonan bantuan ini berikut contoh surat permohonan bantuan dana untuk pembangunan masjid untuk dipelajari.

Nomor : 557/IV/2014
Lampiran : 1 rangkap proposal
Perihal : Permohonan Bantuan Dana


Kepada Yang Terhormat,
Bapak/Ibu/Saudara (i) .................................
di-
   Tempat

Assalamu'alikum Wr. Wb.
Salam sejahtera kami haturkan, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah S.W.T dan senantiasa mendapatkan berkah serta kemudahan rizqi dari-Nya, Amin.

Sehubungan dengan rencana perbaikan bangunan Masjid Al-Iman Desa Sukacita, Kec. Sukabumi yang sesuai estimasi kami selaku panitia diperkirakan akan menghabiskan biaya total berjumlah Rp 200.000.000 (Dua Ratus Juta Rupiah), dengan ini kami mengetuk hati Bapak/Ibu/Saudara (i) agar kiranya berkenan memberikan bantuan dana seikhlasnya.

Pemberian bantuan dana dapat diserakan kepada :
1. Jamaludddin
2. Hidayaaaati
3. Marpuah

Demikian surat permohonan bantuan ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih. Semoga amalan serta ibadah kita senantiasa diterima oleh yang maha kuasa, Amin.

Wassalamu'alikum Wr. Wb

Desa Sukacita, 13 Agustus 2104


Panitia Pembangunan Masjid Al-Iman



Format Contoh Surat
Ketua

Mengingat pentingnya surat ini kita harus benar-benar memperhatikan bagaimana menyusunnya agar bisa memenuhi tujuannya. Yang di atas hanyalah sebuah contoh surat untuk tambahan referensi saja, bentuk dan tata penyusunan surat ini bisa saja berbeda satu sama lain.