Contoh Surat Tugas atau Nota Dinas

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Tugas atau Nota Dinas - Lanjut dengan yang lain, berikut merupakan contoh surat tugas atau sering juga disebut dengan nota dinas. Anda kesulitan dalam menyusun atau membuat surat ini, jangan khawatir karena kali disini anda tidak hanya mendapatkan contoh saja melainkan anda bisa mempelajari seputar surat tersebut.

Pertama kali kita akan bahas mengenai pengertian atau definisi, Surat Tugas atau Nota Dinas adalah surat penunjukan kepada seseorang yang namanya tertera dalam surat tersebut untuk ditugaskan atau dengan tugas tertentu sebagaimana isi surat tersebut.

Surat ini biasanya berisi penunjukan tugas dan tanggungjawab baru dan tempat kerja yang baru, dan terkadang "surat tugas atau nota dinas" ini di identikan dengan surat tugas perjalanan dinas untuk organisasi atau lembaga pemerintahan.

Bentuk dan susunan serta kalimat-kalimat yang digunakan dalam Surat Tugas atau Nota Dinas ini tentu sama dengan contoh surat resmi lain. Surat ini diawali dengan kop surat (kepala surat), kemudian judul surat beserta nomornya, pembukaan, isi surat dan terakhir penutup. Beberapa informasi yang ada dalam surat ini antara lain yaitu:
1. Dasar pemberian tugas
2. Data diri penerima
3. Detail tugas yang diberikan

Surat resmi ini pada bagian akhir ditandatangani oleh penanggungjawab atau yang mempunyai wewenang. Selain itu pada bagian akhir, juga dicantumkan tembusan surat tersebut. Agar lebih mudah dalam memahaminya silahkan lihat Contoh Surat Tugas atau Nota Dinas berikut!



KOP KANTOR YBS
Alamatnya sekalian, pokoknya kop lengkap ya.
_____________________________________________________________

SURAT TUGAS
Nomor: /B.02/08/2014

Berdasarkan Surat Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana Bappenas Nomor:1216/P.01/03/2008, tanggal 3 Maret 2008, Perihal pemanggilan para Calon Peserta Program S2 Luar Negeri –Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2008, dengan ini kami perintahkan kepada:

Nama : Suroyo
NIP : 3500000932
Pangkat/Gol : Penata Tk.I/III/d
Jabatan : Kasubbid Pengembangan Wilayah dan Permukiman
Unit Kerja : BAPPEDA Provinsi Kalimantan Tengah
Instansi : Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah

Untuk segera melaksanakan tugas belajar pada program persiapan bahasa Inggris (EAP) pada :

Perguruan Tinggi : Akan di tentukan kemudiaan
Tingkat : S2
Terhitung Mulai : 21 April 2008 s.d. 20 September 2008
Lama studi : 5 Bulan

Demikian untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 14 Maret 2014
Kepala BAPPEDA PROVINSIKALIMANTAN TENGAH
Ttd + stempel
(............................)
NIP: ………………..
Tembusan Yth.:
1)      Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana, Bappenas;
2)      PPK PPSDMA Bappenas;
3)      Gubenur Kalimantan Tengah di Palangka Raya;
4)      Kepala Kantor Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya;
5)      Pertinggal.


Yang di atas hanyalah sebuah contoh saja, pada penerapannya tetap saja terkadang kita menemukan format dan bentuk yang berbeda dari Contoh Surat Tugas atau Nota Dinas yang ada dalam contoh tersebut. Pastikan anda menggunakan pedoman surat-menyurat resmi yang ada di instansi anda. 

Jika anda masih membutuhkan contoh surat tugas lain anda bisa mempelajarinya di bagian bawah tulisan ini. Mudah-mudahan apa yang diberikan disini bisa menjadi tambahan referensi bagi anda semua. Terima kasih, selamat melanjutkan!