Contoh Draft Surat Undangan Resmi

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Undangan Resmi - Jenis undangan ada bermacam-macam, ada yang resmi dan ada yang tidak resmi. Yang tidak resmi bisa dibuat sesuka hati sedangkan surat undangan yang resmi harus mengikuti kaidah penulisan surat resmi. Yang akan dibahas disini adalah yang resmi. Jika dijabarkan satu persatu maka akan panjang karena itu yang akan dibahas disini hanya beberapa pedoman dasar dan contoh draft-nya langsung.

Tak elok jika tidak diingatkan tentang bagaimana membuat surat undangan resmi maka dari itu akan kita ulas sedikit sebagai gambaran saja. Kalau anda mempelajari bahasa Indonesia dengan baik untuk membuat undangan ini tidaklah sulit, cukup ikuti kaidah atau aturan tata bahasa Indonesia yang berlaku. Dalam hal ini jika anda ingin membuat undangan tersebut anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut!
  1. Surat harus disusun dengan teknik penyusunan surat yang benar
  2. Isi surat harus dinyatakan secara ringkas, jelas dan eksplisit. 
  3. Bahasa yang digunakan harus benar atau baku sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, baik tentang ejaan, pemilihan kata, bentuk kata, maupun kalimat.
  4. Bahasa surat haruslah efektif. Untuk itu bahasa surat haruslah logis, wajar, hemat, cermat, sopan dan menarik. Sedapat mungkin dihindari pemakaian  kata-kata asing yang sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Juga harus dihindari gaya yang  daerah. Bahasa efektif ialah bahasa yang secara tepat dapat mencapai sasarannya. 
Nah, yang diatas adalah beberapa catatan yang harus anda perhatikan jika ingin membuat surat undangan resmi. Selain itu poin di atas juga bisa dijadikan dasar untuk penulisan berbagai surat resmi lainnya.


Bagian-Bagian Surat Undangan Resmi

Apa saja bagian dan informasi yang terdapat dalam undangan ini? Untuk memenuhi kaidah kebakuan maka surat yang disusun harus memenuhi beberapa catatan di atas. Selain itu surat ini juga memiliki ciri-ciri yang bisa anda kenali sebagaimana surat resmi lainnya. Berbagai bagian yang ada tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Kop surat
2. Bagian tanggal, nomor surat, perihal surat
3. Isi surat (terdiri dari pembukaan isi dan penutup)
4. Tanda tangan pengirim

Berbagai bagian surat di atas tentu saja ditulis dengan pedoman baku yang berlaku. Jika anda masih bingung mengenai bagian-bagian tersebut anda bisa mempelajari informasinya di artikel terpisah tentang bagian-bagian surat resmi.

Selanjutnya mari bicara mengenai isi dari undangan ini. Untuk isi, seperti dijelaskan pada bagian di atas, undangan ini terdiri dari 3 bagian isi yaitu pembukaan, isi dan penutup. Pembukaan bisa anda gunakan yang resmi seperti misalnya "dengan hormat" dan lain sebagainya, pada bagian penutup pun demikian. 

Untuk bagian isi, anda harus memperhatikan apa saja yang harus disertakan. Berbagai informasi yang harus disertakan di bagian isi antara lain sebagai berikut:
1. Nama kegiatan (undangan untuk acara apa)
2. Hari dan tanggal (hari apa, tanggal berapa)
3. Waktu pelaksanaan (jam berapa)
4. Tempat (lokasi acara dimana)

Informasi di atas harus ada, dan harus di tulis dengan benar. Tidak ada toleransi untuk kesalahan pengetikan pada informasi di atas. Anda bisa bayangkan jika acara akan di adakan tanggal 10 dan peserta nya di undang tanggal 15 maka akan fatal akibatnya bukan? Maka dari itu informasi yang akan disampaikan harus diteliti dan ditulis dengan benar. 

2 Contoh Draft Surat Undangan Resmi

Untuk melengkapi pembahasan mengenai Contoh Surat Undangan Resmi ini maka berikut akan langsung disertakan dua buah contoh, bukan contoh undangannya melainkan contoh draft yang bisa anda gunakan dalam penulisan undangan yang dibutuhkan. 

Dibawah ini "Undangan Resmi" yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi dan belajar. Perlu dicatat bahwa ini hanya sebuah contoh dan bisa saja berbeda di tempat atau di instansi lain. Yang perlu dicatat adalah mengenai tata penulisannya yang sesuai dengan tata bahasa baku. Silahkan dilihat draft surat tersebut di bawah ini.
PEMERINTAH KABUPATEN TITIK TITIK
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI TITIK TITIK
Jalam Raya Titik-titik No. 10, Jakarta, Kode Pos 19191919

1 Desember 2014
Nomor  : ....... / ..... / ..... / ..... /2014
Hal    : Rapat Dinas
Sifat  : Sangat Penting


Yth. Bapak/Ibu Guru dan Staf Pegawai
SMA Negeri Titik Titik
di
Tempat


Assalamu'alaikum WR.Wb.
Sehubungan dengan banyaknya hal yang harus kita bicarakan, dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri rapat dinas untuk membicarakan tentang:
1. Persiapan UAS sementer genap Tahun Pelajaran 2014 - 2015
2. Persiapan menjelang diberlakukan untuk Kelas 1.

Adapun acara tersebut Insyah Allah akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal  : .....................................
Pukul            : .....................................
Tempat        : Ruang pertemuan SMAN 1 Titik Titik

Demikian surat ini kami sampaikan. Semoga Bapak/Ibu dapat maklum. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Kepala SMA N Titik Titik
Format Contoh Surat


Selain satu yang di atas anda juga bisa mempelajari contoh lainnya di bawah ini. Ingat, anda bisa membuat undangan dengan format yang berbeda, pastikan anda menggunakan tata penulisan yang sesuai dengan aturan baku yang berlaku. 
Jakarta, 26  Desember 2014
No            : ......./....../VI/2014
Perihal   : Undangan Rapat Pertemuan
Lamp      : -

Yth . Saudara
......................................
Di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya acara kerja bakti nasional yang akan dilaksanakan di Kampus Merah dalam memperingati Lustrum X.


Maka dengan ini, kami mengundang seluruh staff pengajar, mahasiswa serta pegawai tetap S1 ............................ untuk mengikuti rapat pertemuan guna membahas persiapan-persiapan acara kerja bakti nasional ini. Rapat pertemuan akan diadakan pada:
Hari / Tanggal      :  .........................................
Tempat                :  ........................................
Waktu                 : 10.00 WIB s/d selesai


Demikian sekiranya pemberitahuan dari kami. Atas perhatian serta kehadiran Bapak dan Ibu pada acara tersebut, kami ucapkan terima kasih. 
Hormat kami,

Rektor Indonesia,
Mendapatkan dua contoh sekaligus mudah-mudahan permasalahan anda dalam membuat undangan ini bisa teratasi. Anda tidak perlu susah-susah mengarang dan menyusun sendiri draft yang akan di buat. Anda bisa memanfaatkan contoh di atas sebagai acuan dan referensi. 

Jangan lupa, setelah mempelajari Contoh Draft Surat Undangan Resmi tersebut sempatkan juga untuk membaca beberapa hal lain mengenai surat di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat!