Contoh Format Surat Undangan Seminar Mahasiswa

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Undangan Seminar - Yang akan kita bahas kali ini adalah satu contoh kebutuhan mahasiswa yaitu mengenai masalah seminar. Dalam hal ini pengirim akan meminta atau mengundang pihak tertentu untuk berpartisipasi pada acara seminar yang akan diselenggarakan. Bagaimanakah susunan suratnya dan bagaimana pula bahasa yang digunakan, pelajari contoh di bawah.

Undangan untuk sebuah acara dikirim oleh panitia untuk berbagai pihak yang berkaitan. Undangan tersebut ditanda tangani oleh ketua pelaksana atau orang yang berwenang dalam penyelenggaraan acara tersebut. Bahasa yang digunakan jelas resmi sedangkan format penulisan mengadopsi format surat resmi bahasa Indonesia. Lalu apa saja yang ada dalam surat tersebut?

Informasi yang ada dalam Surat Undangan Seminar Mahasiswa ini terdiri dari berbagai informasi dasar yang biasanya ada dalam sebuah undangan acara. Informasi tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Tanggal surat, nomor, perihal, lampiran
2. Penerima
3. Isi undangan (undangan untuk apa)
4. Acara (hari, tanggal, waktu dan tempat pelaksanaan)
5. Tanda tangan penanggung jawab

Seperti pada data di atas, dalam contoh ini juga terdapat berbagai informasi tersebut. Selain informasi di atas mungkin saja dan bisa saja masih ada informasi lain yang bisa disampaikan dalam undangan tersebut. Tentunya inti dari undangan ini adalah mengundang siapa, pada acara apa, kapan dan oleh siapa diundang. Mudah-mudahan ilustrasi di atas bisa memperjelas gambaran surat ini. Jika masih sedikit bingung anda bisa menggunakan Contoh Format Surat Undangan di bawah ini agar lebih mudah.


Contoh Format Surat Undangan Seminar Mahasiswa

Jakarta, 25 November 2014

No.                  : …. /…. - ….. /II/2014
Perihal             : Undangan Seminar
Lampiran         : -

Kepada
Yth, Bpk……………………..
Ketua Program Studi …………………………
di tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan seminar dengan tema "Windows 10, at once everything is fun", melalui surat ini kami bermaksud mengundang Bapak, untuk dapat menghadiri kegiatan seminar tersebut, yang dijadwalkan akan di selenggarakan pada:

Hari / Tanggal             : ……………………………
Waktu                        : ……………………………
Tempat                        : ……………………………

Besar harapan kami agar Bapak berkenan hadir dan memberikan sambutan pada kegiatan seminar tersebut.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,                                                                                       Ketua
Pembantu Rektor                                                                                Panitia Pelaksana
Bidang Kemahasiswaan


______________                                                                                ______________


Hanya untuk gambaran saja bagaimana susunan dan bentuk surat ini, jika anda membutuhkan contoh maka bisa menggunakan draft yang ada di atas. Atau anda bisa juga mencari referensi bentuk lain yang mungkin lebih cocok dengan yang dibutuhkan.

Perlu diingat bahwa yang di atas hanya diperuntukkan untuk contoh saja dan sifatnya tidak mengikat. Jika anda sedang mencari bahan untuk surat ini jangan lupa baca juga berbagai informasi lain yang berkaitan seperti misalnya bagaimana menulis undangan yang baik dan lain sebagainya. Informasi lain bisa anda baca di bagian bawah tulisan ini. Mudah-mudahan Contoh Surat Undangan Seminar di atas bisa bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan, terima kasih!