Contoh Surat Pernyataan Keaslian Dokumen

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement

Ada satu jenis surat yang sangat penting yaitu Surat Pernyataan Keaslian Dokumen. Surat ini dibuat untuk memperkuat keaslian dari dokumen tertentu. Biasanya surat ini akan dijumpai jika membuat lamaran pekerjaan. Pada artikel ini kita akan membahas dan mengulas tuntas mengenai jenis pernyataan tersebut mulai dari bagaimana cara membuat, tips atau teknik dan juga sampai dengan contohnya. Anda yang sedang membuat pernyataan ini dan membutuhkan referensi dan bahan rujukan bisa mempelajari contohnya disini.

Kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian atau definisi dari pernyataan tersebut. Seperti telah disinggung pada awal perbincangan ini, pernyataan ini adalah sebuah surat yang isinya menyatakan kebenaran atau keabsahan suatu dokumen tertentu. Jadi, pernyataan ini merupakan penekanan akan legalitas atau kebenaran suatu dokumen tertentu.

Dalam penggunaannya banyak kegiatan yang berurusan dengan pernyataan ini. Contoh penggunaan pernyataan keaslian dokumen antara lain sebagai berikut:

1. Keperluan melamar kerja
2. Keperluan kampus atau kuliah
3. Urusan bisnis
4. Urusan jual beli
5. dan sebagainya

Nanti anda akan tahu kegiatan atau aktivitas apa saja yang mungkin membutuhkan surat pernyataan tersebut. yang jelas dengan adanya pembahasan ini diharapkan jika anda harus membuat pernyataan keaslian dokumen anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Berbicara mengenai pembuatan lalu seperti apakah bentuk pernyataan tersebut, berikut kita kupas satu persatu.

Karena merupakan surat resmi tentu penyusunan pernyataan ini harus sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa dan formatnya sesuai dengan tata penulisan baku. Untuk isi pernyataannya tentu tidak jauh dengan surat pernyataan lain. Untuk gambaran, beberapa isi dari informasi pada pernyataan tersebut antara lain sebagai berikut:

a. Data diri (yang membuat pernyataan)
b. Keterangan dokumen
c. Pernyataan tanggung jawab dan jaminan atas kebenaran dokumen

Data diri tentu seperti biasanya ditulis pada bagian awal, selanjutnya akan diterangkan juga dokumen apa yang berkaitan dan yang terakhir tentunya akan ada bentuk jaminan akan kebenaran yang dinyatakan tersebut. Untuk gambaran lebih jelas anda bisa melihat Contoh Surat Pernyataan Keaslian Dokumen berikut!

Contoh Surat Pernyataan Keaslian Dokumen


Satu contoh draft di atas adalah pernyataan keaslian yang dibuat untuk kepentingan urusan kampus. Jelas terlihat bahwa di bagian atas sendiri terdiri dari informasi dari orang yang memberikan pernyataan. Terlihat juga bahwa pernyataan ini ditanda tangani di atas meterai dengan kekuatan hukum. Sekarang silahkan pelajari juga satu contoh lain di bagian bawah ini.


SURAT PERNYATAAN KEASLIAN DOKUMEN

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama  Lengkap:
Tempat, Tanggal lahir :
Alamat :

Dengan ini saya menyatakan bahwa semua data dan dokumen yang saya lampirkan adalah benar dan bersama ini pula saya lampirkan 3 (tiga) rangkap:
1. Surat Lamaran ditulis tangan bermeterai Rp.6000,-
2. Daftar Riwayat Hidup yang ditempelkan foto ukuran 3 x 4
3. Foto Copy Ijasah dan transkrip nilai yang dilegalisir
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih berlaku
6. Surat Keterangan Kesehatan dari RS. Pemerintah
7. Surat Pencari Kerja/Kartu Kuning
8. Surat Pernyataan bermeterai 6000 tidak berkedudukan sebagai PNS
9. Pas Foto ukuran 3 X 4 sebanyak 7 ( tujuh ) lembar
10. Surat Keterangan tidak mengkonsumsi narkoba dari unit pelayanan kesehatan Pemerintah.
11. Surat pengantar dari pejabat yang berwenang / tempat melakukan validasi (lokasi mengikuti ujian )
12. Surat pernyataan dokumen validasi bermaterai Rp 6000

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan apabila di kemudian hari ternyata surat pernyataan saya ini tidak benar maka saya siap mengundurkan diri dan menerima sanksi hukum sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

Jakarta, Desember 2014
Yang Membuat Pernyataan,

Materai 6000

( Nama Lengkap)

Di atas anda sudah melihat dan mempelajari langsung 2 contoh pernyataan sekaligus, mudah-mudahan dengan adanya contoh tersebut anda bisa lebih mudah dalam menyusun pernyataan yang di butuhkan. Jika anda membutuhkan contoh lain silahkan dapatkan contoh tersebut dari kotak penelusuran, jika membutuhkan pedoman penyusunan anda bisa mencarinya di bagian bawah. Itu saja, semoga pembahasan tentang Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen ini dapat bermanfaat!