Contoh Format Surat Pernyataan Tidak Mengundurkan Diri

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh format surat pernyataan tidak mengundurkan diri - Anda yang melamar CPNS biasanya membutuhkan pernyataan tidak mengundurkan diri yang harus dibuat oleh anda sebagai pelamar. Dalam hal ini anda akan menyatakan untuk tidak mundur dari kegiatan seleksi CPNS yang akan anda ikuti.

Bagaimanakah bentuk dan cara membuat surat tersebut? Anda bisa melihat contoh yang akan diberikan di bawah ini. Pernyataan seperti ini tentu penting bagi panitia demi lancarnya proses seleksi yang akan dilakukan.

Bayangkan saja, jika tidak ada pernyataan seperti ini dan banyak peserta yang mengundurkan diri maka akan jadi seperti apakah seleksi yang dilaksanakan, tentu kacau bukan? Oleh karena itu wajar saja jika anda yang ingin mengikuti seleksi harus membuat pernyataan ini.

Perlu juga anda ketahui, untuk ketertiban masalah ini biasanya juga akan ada denda bagi yang melanggar dan tidak menepati pernyataan yang dibuat.

1) Surat pernyataan bersedia tidak mengundurkan diri apabila lulus seleksi
2) Surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu

Jika anda mengundurkan diri anda akan didenda dengan nominal yang lumayan besar karena itulah anda harus yakin dan sungguh-sungguh jika ingin mengikuti tes penerimaan CPNS tersebut.

Sebelum sampai pada contoh ada baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai pernyataan tersebut. Pernyataan tidak mengundurkan diri adalah pernyataan atas kesanggupan anda untuk tidak mundur dari proses seleksi yang anda ikuti.

Dalam pernyataan ini terdapat informasi data diri yang anda berikan. Surat ini anda buat dengan kesadaran penuh dan ditandatangani di atas meterai yang berkekuatan hukum cukup.

Bentuk dan susunannya tidak jauh berbeda dengan pernyataan lain, agar lebih jelas silahkan lihat contoh format untuk pernyataan tidak mengundurkan diri cpns di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                      : ......................................................
Tempat, tanggal Lahir               : ......................................................
Jenis Kelamin                           : ......................................................
Agama                                     : ......................................................
Jabatan yang dilamar                : ......................................................
Pendidikan/jurusan                   : ......................................................
Alamat KTP                            : ......................................................
                                                 ......................................................

Dengan ini menyatakan apabila saya mengundurkan diri dari proses seleksi CPNS formasi pelamar umum tahun ..................... di Pemerintah Provinsi ..................................... setelah dinyatakan lulus ujian akademis atau pada saat proses pengusulan menjadi CPNS atau setelah diangkat menjadi CPNS dengan alasan apapun, maka saya bersedia mengganti biaya yang telah di keluarkan oleh panitia penerimaan CPNS yaitu sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) yang disetorkan pada Kas Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi .................................

Demikian surat pernyataan saya buat dengan sesungguhnya, dan sebenar-benarnya dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab. Apabila di kemudian hari pernyataan ini tidak benar saya bersedia digugat di pengadilan.


Jakarta,      Januari 2015
Yang membuat pernyataan,

Materai, Rp.6.000,-

(---------------------)

Jelas sekali bukan bahwa pernyataan yang anda buat tersebut tidak main-main karena anda diharuskan membuat pernyataan yang begitu tegas dan berkekuatan hukum bahkan dengan mencantumkan nilai denda yang bersedia anda bayarkan. 


Contoh Format Pernyataan Tidak Mengundurkan Diri

Semoga contoh format surat pernyataan tidak mengundurkan diri di atas bisa menjadi bahan referensi dan juga bahan belajar bagi anda semua yang membutuhkan. Jangan lupa lihat juga beberapa surat menyurat lain yang berkaitan atau berhubungan dengan kegiatan seleksi cpns tahun ini di bagian bawah.