Pernyataan Kesiapan Mengikuti Tes Fisik Magang

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Pernyataan Kesiapan Mengikuti Tes Fisik Magang - Surat pernyataan adalah salah satu jenis surat yang paling banyak variasinya. Seperti Contoh Surat Pernyataan yang berisi tentang Kesiapan Mengikuti Tes Fisik untuk kegiatan Magang ke luar negeri yang akan segera kita bahas kali ini. Tidak berbeda dengan surat pernyataan lainnya, surat ini juga kita buat sendiri dengan membubuhkan meterai. Bagaimana contoh dan cara membuat pernyataan tersebut?

Untuk cara membuat pernyataan kesiapan mengikuti tes fisik ini sebenarnya tidaklah sulit dan pasti bisa kita selesaikan dalam beberapa menit karena surat ini tidak berbeda dengan berbagai pernyataan yang sudah kita bahas sebelum ini. Yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pernyataan ini adalah bahwa informasi diri dari yang membuat pernyataan di buat atau disertakan sesuai kebutuhan saja. Beberapa informasi data diri si pembuat pernyataan biasanya hanya terdiri dari informasi berikut:
  1. Nama peserta
  2. Tempat dan tanggal lahir
  3. Alamat
  4. Nomor tes
Empat informasi di atas di sertakan pada bagian awal surat dimana intinya kita memberi tahu siapa yang sedang membuat pernyataan. Setelah itu maka diikuti dengan isi pernyataannya dan juga penutup. Format penulisan dari pernyataan kesiapan ini tentu sama dengan yang lain yaitu mengikuti aturan penulisan surat resmi yang baku. Lalu bagaimana dengan susunan bagian-bagiannya? Susunan dari surat ini secara berurutan yaitu sebagai berikut:

a) Judul surat
b) Data pembuat pernyataan
c) Isi pernyataan
d) Penutup
e) Nama terang, Tanda tangan di atas meterai

Judul surat di buat seperti biasanya yaitu di cetak kapital dengan penulisan rata tengah. Setelah itu surat akan di mulai dengan kalimat yang menerangkan siapa yang membuat pernyataan yaitu kalimat seperti "Yang bertanda tangan di bawah ini". Kalimat tersebut kemudian akan di ikuti dengan informasi tentang data diri pembuat pernyataan mulai dari nama sampai dengan nomor peserta atau nomor tes.

Setelah data diri maka selanjutnya adalah isi pernyataan yang akan dibuat yaitu kalimat yang menyatakan bahwa kita siap untuk mengikuti tes fisik yang diperlukan untuk kegiatan magang ke luar negeri khususnya untuk hal ini ke Jepang. Setelah itu surat akan ditutup dengan kalimat penutup yang sudah biasa kita gunakan. Pada bagian akhir tentu saja pernyataan ini akan di bubuhi tanda tangan di atas meterai yang berkekuatan hukum cukup. 

Nah itulah sedikit gambaran mengenai urutan dari isi Surat Pernyataan Kesiapan Mengikuti Tes Fisik Magang ini. Supaya lebih jelas baiknya kita lihat langsung satu contoh yang sudah di siapkan berikut ini. Dengan contoh ini semoga penjelasan di atas bisa dipahami dengan baik.

Surat Pernyataan Kesiapan Mengikuti Tes Fisik Magang


Yang di atas adalah satu contoh untuk blangko surat pernyataan ini. Blangko surat tersebut tidak bisa kita gunakan karena hanya contoh saja yang di buat dalam bentuk file gambar jadi jika di cetak tulisannya kurang jelas. Untuk kita yang kebetulan sedang cukup sibuk dan buru-buru bisa menggunakan draft yang sudah di siapkan di bagian bawah. Baca juga: surat lamaran pekerjaan lulusan sma

Draft surat pernyataan ini bisa kita gunakan langsung dengan cara menyalinnya draft tersebut ke program ms word lalu mengisi data-data yang di perlukan. Dengan demikian pembuatan pernyataan yang kita butuhkan tidak akan terlalu lama. Langsung saja, silahkan pelajari terlebih dahulu draft surat berikut ini

SURAT PERNYATAAN
KESIAPAN MENGIKUTI TEST FISIK

Yang bertanda tangan dibawah ini saya:

N a m a                        : .........................................................................................
Tempat/Tgl Lahir        : .........................................................................................
Alamat                        : .........................................................................................
  .........................................................................................
No. Tes                         : .........................................................................................

Dengan ini menyatakan bahwa saya sanggup dan akan menyiapkan diri untuk mengikuti Test Fisik (sesuai dengan ketentuan) pada saat seleksi calon peserta Program Pemagangan ke Jepang yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, kerja sama antara Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI dengan IM Japan Tahun 2015.

Apabila sebelum, saat dan sesudah Test Fisik terjadi sesuatu yang menimpa diri saya, maka saya tidak akan menuntut apapun terhadap panitia penyelenggara.

Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. 

....................................... 2015
Yang membuat pernyataan           
  
___________________

Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti kegiatan magang ke Jepang maka tentu saja Surat Pernyataan Kesiapan Mengikuti Tes Fisik Magang tersebut harus kita siapkan sebelum magang kita ikuti. Mengingat pentingnya pernyataan ini maka diharapkan pembahasan contoh surat kali ini bisa sedikit menjadi tambahan informasi dan referensi dalam pembuatan pernyataan yang sedang kita lakukan.