Contoh Format Formulir Pendaftaran Sekolah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Format Formulir Pendaftaran Sekolah - Sebentar lagi anak sekolah sudah mulai masuk di semester 2 akhir dan itu berarti akan ada kenaikan kelas dan juga kelulusan bagi banyak siswa. Untuk itu pada kesempatan ini situs contoh format surat akan membahas mengenai contoh surat yang biasa di butuhkan dalam kegiatan kenaikan kelas. 

Contoh yang dimaksud adalah contoh formulir pendaftaran untuk peserta didik atau murid baru di sekolah. Dibahasnya contoh ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada murid yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Pembahasan ini dimaksudkan agar kita tahu bagaimana bentuk formulir pendaftaran dan juga agar tahu bagaimana cara mengisinya. 

Yang belum tahu apa itu formulir mari kita pahami mengenai pengertian formulir atau definisi formulir terlebih dahulu. Secara sederhana, formulir dapat kita artikan sebagai lembaran kertas yang berisi data informasi dasar yang belum di isi. Atau dapat dikatakan juga bahwa formulir adalah kartu khusus yang memiliki ruang untuk di isi dengan data tertentu. 

Formulir ini di dalamnya terdapat kolom-kolom atau lajur-lajur yang diberi judul untuk diisi dengan informasi yang sesuai dengan judul tersebut. Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa Formulir Pendaftaran Sekolah ini isinya adalah berupa data yang harus dilengkapi sesuai dengan yang diminta. 

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Sekolah

Dalam formulir yang biasa digunakan dalam pendaftaran di sekolah biasanya bentuknya akan seperti lembaran kertas biasanya. Di dalam lembaran kertas tersebut terdapat kolom-kolom yang harus kita isi sesuai dengan judul yang ada, misalnya kolom nama nantinya kita isi dengan nama kita dan sebagainya. Dalam formulir yang biasa di pendaftaran biasanya akan ada 3 jenis informasi yang harus kita berikan yaitu sebagai berikut:

1. Keterangan murid 
2. Keterangan orang tua/wali murid 
3. Perkembangan murid 

Informasi pertama yaitu keterangan murid akan diisi dengan berbagai data kita sebagai calon murid. Biasanya informasi ini akan lengkap memuat mengenai kita misalnya dari nama, jenis kelamin dan seterusnya. Lebih jelas mengenai keterangan murid ini sama saja dengan data diri yaitu akan terdiri dari beberapa informasi sebagai berikut:

- Nama Murid 
- Jenis Kelamin 
- Tempat, Tanggal Lahir 
- Agama 
- Status Keluarga 
- Anak Ke / Jumlah Saudara 
- Bahasa Sehari-hari 
- Tinggi Badan / Berat Badan 
- Alamat Rumah 
- Jarak dari Rumah ke Sekolah 

Untuk mengisi data di atas bisanya kita akan diminta mengisi data tersebut dengan huruf kapital semua atau huruf besar semua agar data atau informasi tersebut dapat dengan jelas di baca oleh panitia penyelenggara. Selain yang bentuknya isian biasanya ada juga yang bentuknya pilihan contohnya untuk kolom jenis kelamin yang terdiri dari dua yaitu "laki-laki" dan "perempuan", biasanya kita tinggal mencoret yang tidak perlu.

Bagian formulir pendaftaran selanjutnya biasanya akan berisi informasi tentang data orang tua. Data orang tua atau wali tersebut tidak begitu lengkap di minta, biasanya hanya terdiri dari data:
- Nama Orang Tua 
- Pendidikan 
- Pekerjaan 
- Usia 

Untuk mengisinya kita tinggal menulis saja sesuai yang diminta mulai dari nama orang tua kita siapa, pendidikannya apa dan seterusnya, kita tinggal menulisnya di tempat yang disediakan. Selain dua data di atas ada juga informasi lain misalnya mengenai perkembangan murid yang biasanya akan terdiri dari:
- Asal Murid 
- Nama Taman Kanak-Kanak 
- Diterima di Sekolah ini Tanggal

Itulah gambaran bagaimana isi dari formulir dan bagaimana cara mengisi formulir tersebut bagian-demi bagian. Pokoknya untuk mengisi formulir sangat gampang tinggal isi atau tulis saja di kolom atau tempat yang disediakan.

Format Formulir Pendaftaran Sekolah

Supaya tidak bingung dalam mempelajari beberapa informasi di atas maka sudah disiapkan juga contoh untuk formulir pendaftaran yang biasa digunakan. Yang akan diberikan di bawah ini tentu hanya contoh saja dan karena hanya contoh maka nantinya formulir yang kita dapatkan bisa saja berbeda dan tidak sama dengan contoh yang ada di sini. Berikut adalah sebuah contoh formulir pendaftaran yang bisa kita pelajari bersama-sama.


Format Formulir Pendaftaran Sekolah

Dengan melihat contoh di atas maka kita tidak perlu takut - takut lagi dalam mengisi formulir karena pengisian formulir juga sangat mudah dan tidak perlu di takutkan seperti sudah dijelaskan di atas. Mudah-mudahan sedikit contoh ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Kalau ada contoh lain yang dibutuhkan silahkan cek atau cari langsung di bagian bawah tulisan ini. Atau kita bisa mencari contoh surat lainnya di kolom pencarian situs ini, catat juga alamat situs ini ya. Semoga Contoh Format Formulir Pendaftaran Sekolah ini bermanfaat, itu saja terima kasih!