Contoh Memo dan Penulisannya

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Memo dan Penulisannya - Apakah yang dimaksud dengan memo? Apa fungsi dan kegunaan memo dan bagaimana cara menulis memo? Pertanyaan tersebut akan kita jawab pada pembahasan kali ini karena kali ini kita akan secara khusus mempelajari mengenai salah satu jenis surat tersebut. Dengan adanya pembahasan ini maka diharapkan kita dapat memahami arti memo dan juga tentunya dapat dengan mudah membuat sendiri pesan tersebut jika di butuhkan. Hal ini sangat penting mengingat dalam kehidupan sehari-hari di dunia kerja kita sering berurusan dengan hal seperti ini.

Kita mulai dengan memahami pengertian atau definisi dari surat memo tersebut. Perlu kita ketahui, memo adalah pesan ringkas yang di tulis dengan singkat, jelas dan juga mudah untuk dipahami. Dalam penggunaannya memo ini ada yang bersifat resmi dan ada juga yang bersifat tidak resmi atau memo pribadi. Untuk dapat mengetahui memo tersebut maka kita harus mengetahui apa saja ciri dari memo. Ciri-ciri memo tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Surat khusus yang dibuat khusus untuk keperluan dalam kantor atau organisasi
  • Dilihat dari peredarannya, sebuah kantor atau organisasi dapat menyampaikan memo secara horizontal maupun secara vertikal
  • Penyampaian secara horizotal merupakan penyampaian memo kepada pihak yang memiliki jabatan setara
  • Penyampaian secara vertikal merupakan penyampaian memo dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu
  • Merupakan bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu hal
  • Memiliki bagian surat yang lebih sederhana dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, terutama dalam isi surat.
  • Karena pedarannya yang terbatas, memo biasanya tidak mencantumkan identitas kantor, seperti nama kantor, nomor telepon, faksimili, dan kode pos, secara lengkap
Dalam bahasa kita sehari-hari memo dapat juga dikatakan sebagai pesan surat sederhana yang singkat dan tidak menggunakan tata aturan penulisan surat resmi seperti biasanya. Selanjutnya mari kita lihat bagaimana contoh dan juga cara membuat pesan tersebut.

Tata Cara Penulisan Memo

Untuk bisa membuat memo dengan mudah maka pertama kita harus mengetahui berbagai bagian memo tersebut. Dengan mengetahui bagian-bagian memo maka kita dapat memahami bagaimana bentuk memo yang seharusnya. Lalu seperti apakah memo tersebut? Berbicara mengenai bentuk, memo memiliki tiga bagian yaitu kepala memo, isi dan kaki memo. Penjelasan dari masing-masing bagian tersebut dapat kita lihat di bawah ini.

Kepala Memo
Pada bagian kepala atau bagian atas memo kita akan mendapati beberapa informasi yaitu mulai dari judul sampai pada paraf. Pada bagian ini terdiri dari beberapa hal sebagai berikut:

Untuk menulis memo maka bagian pertama sendiri yang harus kita tulis adalah judulnya. Yang dimaksud judul disini adalah kata "memo" yang ditulis dengan huruf kapital rata tengah. Selanjutnya, masih pada bagian atas akan ada juga penerima, pengirim dan juga tanggal pembuatan atau pengiriman memo tersebut. Setelah bagian ini maka bagian selanjutnya adalah bagian isi memo.

Isi Memo
Pada bagian isi pada memo kita sebagai penulis akan langsung menyampaikan pesan atau perintah dalam kalimat pendek dan lugas serta jelas dan mudah di mengerti. Tidak ada informasi lain kecuali informasi inti yang harus disampaikan.

Kaki memo
Pada bagian akhir yaitu kaki memo akan ada dua hal yang kita tulis. Pertama adalah tertanda dan yang kedua adalah nama pembuat memo tersebut. Pada bagian "tertanda" dapat berupa tanda tangan, paraf, cap jempol dan semacamnya.

Itulah tadi berbagai bagian memo dan bagaimana cara membuatnya. Sekarang dengan mengetahui berbagai bagian tersebut tentunya kita sudah dapat membuat sendiri memo yang kita butuhkan. Sekarang kita kebagian selanjutnya agar lebih jelas.

Contoh Memo Terbaru

Di atas kita sudah mempelajari berbagai bagian memo dan juga cara membuat memo yang mudah sekarang untuk dapat memahami apa dan bagaimana memo maka sebaiknya kita lihat juga contohnya bagaimana. Untuk contoh berikut ada satu buah contoh terbaru yang bisa kita pelajari. Contoh memo tersebut seperti pada gambar di bawah ini.

Contoh Memo dan Penulisannya

Dari contoh di atas jelas sekali bahwa memo tidak begitu jauh berbeda dengan surat resmi. Yang membedakan memo dengan surat resmi lainnya adalah bentuk memo yang sederhana dan singkat sekali. Kalau dilihat dari contoh di atas jelas sekali terlihat bahwa inti dari memo adalah memberikan informasi dengan cepat kepada penerimanya agar dapat segera ditindaklanjuti. Itulah tadi sedikit mengenai Contoh Memo dan Penulisannya, semoga dapat memberikan tambahan referensi bagi kita semua.