Surat Keterangan Aktif Kegiatan Organisasi

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Keterangan Aktif Kegiatan Organisasi - Kira-kira surat yang menerangkan bahwa kita aktif dalam sebuah kegiatan atau organisasi diperlukan tidak ya? Kalau ada suratnya pasti di perlukan dong, benar tidak. Karena itulah, kita akan kembali membahas satu jenis surat keterangan lagi yaitu "keterangan aktif kegiatan" dalam sebuah organisasi atau lembaga tertentu. Kita tentu akan membahas secara menyeluruh mengenai surat tersebut mulai dari pengertian surat, bagian-bagiannya sampai pada bagaimana cara mudah membuat surat tersebut.

Surat keterangan adalah surat yang berisi keterangan tentang suatu hal. Keterangan ini diberikan oleh yang berwenang dan isinya menerangkan tentang seseorang. Di dalam surat keterangan ini ada dua pihak yang terlibat yaitu yang pertama adalah si pemberi keterangan dan yang kedua adalah orang yang di terangkan. Untuk isi dari keterangan tersebut bisa bermacam-macam sesuai jenis dan fungsi masing-masing. Misalnya, ada sebuah surat pernyataan bahwa seseorang aktif di kegiatan tertentu seperti yang akan kita bahas kali ini.

Keterangan Aktif dalam Kegiatan adalah surat keterangan yang menerangkan bahwa seseorang aktif dalam suatu kegiatan tertentu baik itu dalam suatu organisasi maupun lainnya. Keterangan semacam ini biasanya di perlukan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti suatu program tertentu. Contohnya seorang siswa yang akan mengajukan beasiswa. Bagaimanakah bentuk atau format dari keterangan tersebut, mari kita ikuti penjelasan berikut!

Dilihat dari bentuk surat-nya, keterangan ini tidak berbeda jauh dengan surat keterangan resmi lain. Surat keterangan ini terdiri dari bagian-bagian surat selayaknya surat resmi lain yaitu sebagai berikut:
1. Kop surat keterangan
2. Judul surat keterangan
3. Isi surat keterangan
4. Penutup surat keterangan
5. Tempat, nama dan tanda tangan pembuat

Pada bagian kop atau kepala surat di tulis kop seperti biasanya yaitu berisi nama instansi atau organisasi lengkap beserta alamat dan logo kalau ada. Bagian judul memuat judul suratnya yaitu sebagai contoh untuk surat ini judulnya "surat keterangan aktif kegiatan mahasiswa". Judul tersebut di tulis rata tengah menggunakan huruf kapital semua tanpa tanda baca.

Dibagian isi akan ada pembuka, isi dan penutup yang intinya adalah seseorang memberikan keterangan bahwa seseorang lainnya benar-benar terlibat aktif dalam suatu kegiatan yang diselenggarakan. Pada penutup di gunakan kalimat penutup surat keterangan yang biasa kita gunakan sedangkan pada bagian akhir yaitu terdapat tempat dan tanggal surat kemudian nama dan tanda tangan si pembuat keterangan.

Bentuk penulisannya bagaimana? Kalau bentuk penulisan tidak berbeda dengan keterangan lain. Surat keterangan aktif kegiatan ini di tulis dengan menggunakan ketentuan baku surat resmi. Supaya lebih jelas jika kita ingin membuat surat keterangan ini maka mari kita pelajari salah satu contoh surat keterangan aktif kegiatan yang sudah di siapkan di bawah ini.

Keterangan Aktif Kegiatan Organisasi

Contoh di atas merupakan draft atau format surat dalam bentuk blangko kosong. Jika kita ingin membuat surat ini maka kita tinggal mengikuti contoh blangko surat tersebut. Dengan begitu kita tinggal mengisi data yang diperlukan saja tanpa harus susah menulis semuanya. Itu saja, mudah-mudahan Surat Keterangan Aktif Kegiatan Organisasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua!