Surat Keterangan Beda Nama

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh Surat Keterangan Beda Nama dari Kelurahan - Kalau disebut dengan istilah "beda nama" sebenarnya kurang begitu tepat juga sih mengingat sebenarnya yang terjadi adalah beda penulisan nama seseorang yang dikarenakan adanya kesalahan.

Nah, untuk melengkapi pembahasan kita sebelumnya mengenai surat keterangan kesalahan perbedaan penulisan maka kali ini akan kita bahas secara khusus tentang surat keterangan beda nama tersebut.

Pertama mari kita perjelas terlebih dahulu mengenai arti dari "keterangan beda nama" tersebut. Keterangan beda nama merupakan surat resmi dari pejabat berwenang (contohnya kepala kampung) yang berisikan keterangan akan adanya perbedaan penulisan nama seseorang.

Perbedaan penulisannya sendiri bisa terdapat pada dua data kependudukan atau lebih yang sebenarnya perbedaan tersebut terjadi karena adanya salah penulisan dan bukan disengaja.

Keterangan seperti ini di butuhkan untuk menunjukkan bahwa orang yang bersangkutan dalam data kependudukan tersebut adalah memang satu orang atau orang yang sama.

Keterangan ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya penggunaan data orang lain oleh yang tidak berhak. Kalau di lihat dari jenis data kependudukan yang dilibatkan maka surat ini bisa terdiri dari beberapa jenis yaitu:
  1. Surat keterangan beda nama KTP dengan KK
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Surat Keterangan Tanah
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dengan Sertifikat Hak Milik Tanah
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Sertifikat Hak Milik
  5. Kartu Tanda Penduduk (KTP), Sertifikat Hak Milik, Surat Nikah
  6. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dengan Surat Nikah. 

Yang pertama tentu adalah keterangan beda nama untuk perbedaan penulisan yang terjadi pada kartu tanda penduduk dengan kartu keluarga. Yang kedua, perbedaan terjadi pada kartu tanda penduduk dengan surat keterangan tanah.

Sedangkan nomor tiga perbedaannya terjadi pada tiga dokumen sekaligus yaitu pada KTP, kartu keluarga dan juga sertifikat tanah.

Selanjutnya ada juga perbedaan yang terjadi pada ktp dengan data yang ada pada sertifikat hak milik, ada juga yang terjadi pada ktp, hak milik dan juga surat nikah dan bisa juga terjadi pada ktp, kk dan juga surat nikah.

Adanya keterangan beda nama yang kita butuhkan tentu harus disesuaikan dengan perbedaan nama yang terjadi pada dokumen yang kita miliki.

Untuk mendapatkan keterangan seperti ini sangatlah gampang, kita tinggal menuju ke kantor kelurahan atau kantor kepala kampung untuk mendapatkan keterangan yang kita butuhkan. Kita tinggal membawa salinan data dari dokumen yang terdapat kesalahan penulisan nama kita. 

Setelah kita datang maka kita akan dibuatkan keterangan yang di dalamnya menerangkan bahwa telah terjadi kesalahan penulisan yang mengakibatkan perbedaan nama kita. Pada surat keterangan tersebut akan berisi beberapa informasi penting antara lain:

1) Data diri kita
2) Keterangan kesalahan penulisan nama
3) Pemberitahuan bahwa data pada dokumen dimaksud merujuk kepada orang yang sama


Jadi dalam keterangan ini akan ada data diri kita berikut dengan isi keterangan yang kita butuhkan tersebut yang di bagian akhir akan ditandatangani dan di beri stempel. Itulah sedikit pembahasan kita kali ini. Bagi yang ingin mempelajari surat keterangan beda nama tersebut bisa langsung melihat dari tautan yang ada di atas.