Surat Balasan Permintaan Informasi Produk

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh Surat Balasan Permintaan Informasi Produk - Ada sebuah surat yang juga sering dibutuhkan dalam perniagaan atau perdagangan yaitu yang berkenaan dengan permintaan informasi produk. Untuk surat dengan tujuan ini ada dua yaitu berkaitan dengan permintaan serta balasan permintaan terhadap apa yang telah disampaikan oleh pemohon.

Kegiatan semacam ini biasanya tentu terjadi sebelum adanya transaksi penjualan antara penjual dan pembeli. Supaya lebih jelas mari kita bahas detailnya berikut.

Seperti dengan namanya, balasan permintaan informasi produk merupakan sebuah surat yang dibuat sebagai tindak lanjut atas surat permintaan yang sebelumnya telah diterima.

Dari sini maka dapat diketahui bahwa isi atau pokok materi yang ada dalam surat tersebut adalah penyampaian paket informasi sesuai dengan apa yang sebelumnya telah di minta.

Dengan surat ini maka penjual akan menyampaikan berbagai hal yang ingin diketahui oleh calon pembeli tersebut. Beberapa yang berkaitan dengan surat ini antara lain sebagai berikut:

1) Surat pesanan barang elektronik
2) Contoh dan format surat niaga baru
3) Surat balasan permintaan penawaran
4) Surat balasan permintaan harga barang
5) Surat balasan permintaan data
6) Surat balasan permintaan daftar harga
7) Contoh surat permintaan informasi produk
8) Contoh surat permintaan informasi dalam bahasa inggris
9) Contoh surat permintaan barang elektronik
10) Contoh surat permintaan pengiriman barang

Bagaimana dengan format surat balasan tersebut, apakah ada perbedaan dengan surat niaga lain? Tentu saja tidak, tidak ada perbedaan yang mendasar dalam hal format surat untuk jenis surat tersebut. 

Pada dasarnya sama saja dengan surat resmi lain, terdapat kop surat, ada nomor suratnya, dan seterusnya. Supaya ada gambaran mari kita lihat contoh kalimat balasan permintaan informasi produk pada surat tersebut di bawah ini.

Terima kasih atas surat permohonan informasi tentang produk kami yang menyediakan alat elektronik di kota ini. Perusahaan kami bergerak khusus di bidang produk yang berkaitan dengan elektronik seperti komputer, laptop, televisi, mesin cuci, lemari es, home theatre dll dengan harga terjangkau. Kami juga menyediakan perabotan rumah tangga seperti oven, panci anti lengket, set juicer dll.

Katalog produk dan range harga telah kami lampirkan beserta informasi tambahanbonus 1 set panci stainless steel apabila Anda memesan lebih dari 20 pieces barang jadi. Kami tunggu kontak Anda selanjutnya sehingga kita bisa membuat janji pertemuan segera. Kami siap melayani Anda.

Tidak ada yang sulit untuk membuat jenis surat niaga yang satu ini karena seperti di jelaskan di atas bentuknya tidak berbeda jauh dengan surat resmi lainnya. Berikut sudah disiapkan contoh gambar untuk format surat ini untuk dapat kita pelajari susunan suratnya.

Yang perlu di ingat, dalam surat ini penjual akan memberikan informasi detail mengenai produk-produk yang di sediakan untuk pembeli. Maka dari itu dalam surat ini akan dilampirkan juga katalog untuk produk yang bisa di pesan oleh calon pembeli.


Surat Balasan Permintaan Informasi Produk
Contoh Surat Balasan Permintaan Informasi Produk

Dalam membuat Surat Balasan Permintaan Informasi Produk tersebut kita menggunakan bahasa baku yaitu sesuai dengan kaidah penulisan surat resmi yang baik dan benar. Dalam penulisannya, bahasa yang digunakan sebaiknya informatif, jelas dan tidak bertele-tele.

Itu saja pembahasan singkat kita kali ini, semoga dengan adanya pembahasan ini kita bisa membahami bagaimana menyusun surat niaga ini dengan baik.

Untuk beberapa contoh lain yang berkaitan silahkan lihat pada bagian akhir pembahasan. Agar lebih mudah dalam mencari referensi surat silahkan catat alamat situs ini atau silahkan berlangganan menggunakan alamat email.