Surat Pernyataan Penghasilan untuk KPR

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Keterangan Penghasilan KPR - Banyak juga ya kegunaan dari jenis surat yang satu ini. Sebenarnya surat yang satu ini lebih tepat untuk disebut dengan surat pernyataan namun ada saja yang menyebut sebagai surat keterangan penghasilan. Tentu saja ada perbedaan antara pernyataan dan keterangan. Kalau pernyataan itu berarti kita (yang bersangkutan) yang menyatakan sedangkan keterangan berarti orang lain yang berwenang yang memberikan pernyataan.

Nah, untuk contoh yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah contoh surat pernyataan penghasilan yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu berkas dalam pengajuan kredit yaitu KPR. Kegunaan dari adanya surat yang satu ini tentunya adalah untuk mengetahui besar kecilnya kemampuan finansial yang dimiliki seseorang untuk menanggung atau menjalankan beban tanggungan yang akan diajukan.

Bentuk surat tersebut standar dan tidak berbeda jauh dengan berbagai jenis surat pernyataan lainnya. Maka dari itu untuk membuat surat ini pun tidak berbeda caranya dengan membuat pernyataan lain. Jika sudah terbiasa dengan surat menyurat pastinya tidak akan bingung jika harus membuat surat ini. Sebelum lebih jauh membahas mengenai hal ini mari kita pelajari juga beberapa contoh lain sebagai berikut:

1) Surat pernyataan penghasilan wiraswasta
2) Surat pernyataan penghasilan doc
3) Surat pernyataan penghasilan dari desa
4) Surat pernyataan penghasilan dari rt
5) Contoh surat pernyataan penghasilan untuk kredit
6) Surat pernyataan penghasilan format word
7) Surat pernyataan penghasilan petani
8) Contoh surat pernyataan penghasilan perusahaan

Jadi sebenarnya untuk membuat surat semacam ini tidak perlu belajar susah-susah dan repot-repot. Seperti dengan namanya, surat pernyataan penghasilan ini tentu berisi sebuah pernyataan mengenai seberapa besar penghasilan yang kita miliki. Jadi kita menyatakan berapa besar penghasilan yang dimiliki selama satu bulan atau perbulan. Supaya lebih jelas berikut ini contoh kalimat pernyataan untuk surat tersebut.

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa sampai saat surat pernyataan ini ditandatangani, saya menyatakan bahwa jumlah penghasilan pokok rata-rata saya adalah sebesar Rp. 4.500.000,- (empat juta lima ratus ribu rupiah) per bulan. 

Tentunya kalimat tersebut di atas akan didahului dengan informasi pendahuluan. Mulai dari atas sendiri ada judul suratnya dan juga data diri orang yang akan memberikan pernyataan. Setelah itu baru isi dari pernyataan tersebut. Pada bagian akhir akan ada juga penutup surat yang diikuti dengan tanda tangan dan nama jelas di atas meterai. Contoh kalimat penutup untuk surat pernyataan ini yaitu sebagai berikut:

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak manapun dan apabila di kemudian hari pernyataan saya ini tidak benar, saya bersedia mengembalikan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan yang saya terima.


Surat Pernyataan Penghasilan untuk KPR


Mudah bukan untuk cara membuat surat pernyataan penghasilan tersebut. Nah, kita bisa mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai surat ini dengan memperhatikan contoh pada gambar di atas. Surat pernyataan ini bisa digunakan sebagai pengajuan KPR. Selanjutnya, silahkan lihat juga beberapa contoh surat lain yang juga berhubungan dengan surat ini.

Jangan lupa juga untuk sering berkunjung ke situs ini untuk mendapatkan referensi berbagai contoh surat, draft surat dan juga blangko surat yang sering di butuhkan. Itu saja, semoga bermanfaat!