Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Draft Surat Perjanjian Jual Beli Tanah - Belajar membuat surat berharga yang nilainya lumayan. Meski hanya selembar atau dua lembar namun surat ini memiliki nilai finansial yang cukup tinggi. Hal ini karena surat ini merupakan bukti pelimpahan hak milik seseorang yang dilakukan berdasarkan jual beli. Jelas sekali, surat perjanjian jual beli tanah ini harus dibuat dengan formal, benar dan tanpa kesalahan. Itulah alasannya kenapa situs ini kali ini sengaja membahas secara khusus masalah surat tersebut.

Memang berbeda dengan berbagai jual beli lainnya yang biasanya dilakukan secara langsung tanpa surat, jual beli tanah membutuhkan sebuah surat yang memiliki kekuatan hukum. Surat tersebut merupakan surat perjanjian yang berisi detail terjadinya akad jual beli sebidang tanah yang terjadi antara kedua belah pihak. Agar lebih jelas mengenai hal ini maka kita akan membahas lebih rinci mengenai berbagai data yang ada dalam surat tersebut, bagian-bagiannya, draft atau konsepnya serta contoh dari surat tersebut. Tapi sebelum itu mari kita baca juga beberapa informasi penting di bawah ini.

3) Konsep surat keterangan jual beli tanah
4) Surat keterangan jual beli tanah doc
5) Contoh surat keterangan jual beli tanah dan bangunan
6) Surat keterangan jual beli tanah dan rumah
7) Surat keterangan jual beli mobil
8) Surat keterangan jual beli motor
9) Surat keterangan jual beli sepeda motor
10) Surat keterangan jual beli ternak
11) Surat keterangan jual beli sawah

Bagaian Surat Perjanjian Jual Beli Tanah
Bagian yang dimaksud di sini bukan bagian surat melainkan bagian dari perjanjian jual beli. Bagian tersebut merupakan isi dari surat perjanjian. Agar dapat menulis atau membuat sendiri surat ini maka sebaiknya kita mempelajari apa saja informasi yang harus ada dalam surat tersebut. Dengan begitu maka kita akan dengan mudah membuat surat tersebut jika dibutuhkan.

Dalam surat perjanjian ini ada beberapa bagian informasi penting yang dimuat di dalamnya. Informasi tersebut antara lain yaitu informasi tentang data diri yang bersangkutan, informasi mengenai objek tanah yang diperjualbelikan, isi perjanjian serta pihak-pihak yang sebaiknya membubuhkan tanda tangan. Informasi penting pertama yaitu data diri pihak yang bersangkutan yaitu pihak penjual dan pihak pembeli. Data diri yang bersangkutan baik pihak penjual dan pihak pembeli yaitu berisi informasi sebagai berikut:
- Nama lengkap
- Umur 
- Pekerjaan 
- Alamat saat ini

Informasi selanjutnya yaitu informasi kedua yaitu informasi yang berkaitan dengan objek yang diperjual belikan, dalam hal ini sebidang tanah. Detail informasi tanah terdiri dari batas tanah dan bangunan. Batas-batas tanah meliputi batas:
- Sebelah barat 
- Sebelah timur 
- Sebelah utara 
- Sebelah selatan 

Sedangkan untuk informasi tentang bangunan yang ada di tanah tersebut yaitu meliputi:
- Ukuran panjang dan lebar 
- Atap 
- Dinding 
- Lantai

Pada surat perjanjian jual beli tanah yang membubuhkan tanda tangan bukan hanya yang bersangkutan saja tetapi ada pihak lain. Dalam hal ini surat perjanjian tersebut ditanda tangani oleh penjual, pembeli dan juga beberapa saksi. Saksi tersebut tidak hanya satu orang melainkan ada beberapa orang bisa tiga orang saksi atau 4 saksi dari kedua belah pihak maupun pamong atau pejabat kampung setempat.

Bagian informasi selanjutnya tentu saja mengenai isi perjanjian tersebut. Sebagai gambaran dan contoh saja, isi kalimat perjanjiannya yaitu sebagai berikut.

Pada tanggal ……………………………………. Pihak ke I. Telah menjual, lepas/mutlak sebidang tanah darat seluas …….. M2, berikut sebuah bangunan yang terletak diatas tanah tersebut kepada pihak ke II dengan harga tunai Rp. ……………… (…………………………………….). Pembayaran dilakukan dihadapan saksi-saksi dengan tunai. 

Selain informasi di atas tentu saja masih ada bagian lain, misalnya saja ada informasi mengenai status kepemilikan selanjutnya setelah terjadinya perjanjian.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah
Di awal telah disebutkan bahwa pembahasan ini juga akan menyertakan contoh suratnya sekaligus. Maka dari itu berikut mari kita pelajari langsung surat ini dengan melihat contoh yang di sediakan. Untuk sementara waktu contoh yang disertakan di bawah ini masih berupa gambar dimana gambar tersebut merupakan blangko kosong. Meski hanya gambar namun diharapkan contoh berikut bisa digunakan sebagai draft atau konsep surat yang akan kita gunakan.

Agar lebih jelas lagi dan bisa memberikan kemudahan kepada pengunjung semua maka lain waktu akan disertakan langsung contoh suratnya yang bisa disalin dengan mudah. Dengan begitu yang sedang membutuhkan contoh bisa memanfaatkan draft yang disediakan dan tidak perlu mengetik ulang surat yang dibutuhkan. Lumayan kan bisa menghemat waktu, ya sudah sekarang mari kita lihat bagaimana bentuk perjanjian ini melalui contoh berikut!


Contoh Surat Perjanjial Jual Beli Tanah


Demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga surat perjanjian jual beli tanah di atas bisa menjadi sumber belajar surat menyurat untuk yang membutuhkan. Sebagai tambahan silahkan lihat juga beberapa contoh lain dibagian akhir tulisan ini. Tak lupa kami ingatkan, jika sering membutuhkan contoh berbagai macam surat maka silahkan catat alamat situs ini sebagai tambahan referensi. Itu saja, selamat beraktivitas.