Contoh Surat Keterangan Tanah (SKT)

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Keterangan Tanah (SKT) - Yang akan kita bahas kali ini merupakan pembahasan yang cukup penting mengingat hal ini berkaitan dengan kekayaan atau hak milik seseorang. Dalam hal ini kita akan tetap membahas mengenai contoh surat yaitu yang berhubungan dengan hak milik. Surat yang akan kita bahas tersebut adalah keterangan tanah atau yang lebih dikenal dengan singkatan SKT. Pembahasan akan mengulas mengenai penulisan sekaligus contoh draft atau format yang bisa dijadikan rujukan belajar.

Dunia surat menyurat memang dunia yang cukup penting mengingat banyak sekali surat berharga yang perlu ditangani dengan baik, benar dan sesuai dengan ketentuan atau aturan penulisan baku yang diakui. Maka dari itu agar tidak menimbulkan masalah di lain waktu di kemudian hari maka kita hendaknya mengetahui bagaimana bentuk sebuah surat dan juga isinya. Apalagi jika surat tersebut merupakan surat berharga seperti ini, kita harus tahu apa saja yang harus ada dan bagaimana bentuk penulisannya.

Beberapa waktu lalu telah ada satu dua pembahasan yang berkaitan dengan surat yang berkaitan dengan tanah. Sebelumnya sudah di bahas mengenai contoh untuk perjanjian jual beli tanah, ada juga pembahasan mengenai berita acara pemeriksaan tanah dan beberapa pembahasan lain. Bagi yang ingin melengkapi informasi ini bisa juga membaca beberapa pembahasan sebelumnya di bawah ini!

1) Surat perjanjian jual beli tanah
2) Contoh format surat berita acara pemeriksaan tanah
3) Contoh surat keterangan kepemilikan tanah
4) Contoh surat keterangan tanah skt
5) Kekuatan hukum surat keterangan tanah
6) Surat keterangan kepemilikan tanah
7) Surat keterangan tanah tidak sengketa
8) Contoh surat keterangan kerja
9) Contoh surat keterangan domisili
10) Contoh surat keterangan sakit
11) Contoh surat keterangan karyawan

Beberapa pembahasan di atas akan mendukung pula pemahaman kita mengenai surat keterangan ini. Jadi kita diharapkan bisa lebih memahami secara menyeluruh mengenai surat menyurat untuk tanah yang sering dibutuhkan. Sekarang mari kita lanjutkan ke pembahasan inti kita.

Cara Penulisan Surat Keterangan Tanah

Bagi masyarakat umum tentu tidak harus mengetahui mengenai bagaimana cara menulis atau membuat surat ini karena masyarakat umum hanya perlu mengajukan pembuatan surat ini kepada pejabat terkait yang berwenang, dalam hal ini kepala desa atau kepala kampung setempat. Namun begitu, bagi pelajar, mahasiswa atau masyarakat lain yang ingin mempelajari bagaimana cara membuat surat keterangan tanah seperti ini maka perlu mengetahui bentuk dan susunan isi dari keterangan tersebut.

Pada dasarnya, dalam surat keterangan tanah seperti ini informasi yang ada dalam surat tersebut dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis informasi. Informasi pertama tentu mengenai siapa yang memiliki tanah tersebut. Selanjutnya tentu informasi mengenai tanah yang meliputi informasi dasar dan detailnya dan juga beberapa saksi yang diperlukan.

Informasi tentang pemilik tanah
Informasi identitas pemilik tanah tentu saja akan dituliskan rinci dalam surat keterangan ini. Informasi ini setidaknya akan terdiri dari nama, umur, pekerjaan dan juga alamat jelas atau alamat lengkapnya.

Informasi tentang tanah
Di bagian berikutnya akan ada informasi dasar mengenai tanah yang diterangkan yaitu misalnya informasi mengenai jenis tanah (pekarangan, perkebunan, dsb), ukuran tanah, ukuran bangunan di atas tanah tersebut (jika ada). Ukuran tersebut di dalamnya sudah ukuran luas yaitu panjang dan lebarnya. Akan disertakan atau ditulis juga alamat atau letak tanah tersebut secara rinci.

Detail informasi tanah
Detail informasi ini merupakan lanjutan dari informasi dasar di atas. Informasi ini berisi berbagai informasi lain mengenai tanah yang diterangkan tersebut mulai dari batas-batas tanah, status sengketa, status kepemilikan dan lain sebagainya. 

Para saksi
Para saksi di sini termasuk semua yang terlibat dalam surat keterangan tersebut. Biasanya saksi ini akan terdiri dari pemilik tanah yang berbatasan yaitu utara, timur, barat, selatan. Selain itu ada juga saksi dari pamong misalnya ketua RT atau RW termasuk di dalamnya juga akan diketahui oleh kepala kampung dan camat setempat.

Lalu bagaimana dengan format penulisan surat tersebut? Untuk masalah format atau bentuknya sama saja dengan surat resmi lain yaitu terdiri dari kop surat, judul surat, isi surat dan penutup. Untuk bagian surat tersebut lebih rinci dapat di baca pada pembahasan sebelumnya mengenai bagian-bagian surat resmi.

Contoh Surat Keterangan Tanah (SKT)

Sebagus apapun penjelasan yang kita baca tentu saja tidak akan lengkap dan sempurna tanpa di ikuti dengan contoh. Karena dengan melihat contoh maka kita bukan hanya dapat mempelajari bagaimana cara membuat atau menulisnya tetapi kita akan lebih jelas mengetahui bagaimana isi dalam sebuah surat tersebut. Maka dari itu pembahasan ini juta tak lupa menyertakan sebuah contoh yang bisa dipelajari bersama-sama.

Supaya lebih ringkas dan langsung mendapatkan gambaran bagaimana bentuk dari surat berharga ini maka kita bisa langsung mempelajari salah satu contoh yang disediakan. Berikut ini ada sebuah draft atau format untuk surat keterangan tersebut, namun contoh di bawah ini bukan contoh lengkap tetapi hanya berupa blangko saja. Agar lebih jelas mari kita lihat langsung contohnya di bawah ini.

Surat Keterangan Tanah (SKT)

Demikianlah tadi sebuah pembahasan singkat mengenai surat keterangan tanah (skt) yang sudah lengkap dengan contoh dan penjelasan mengenai proses pembuatannya. Diharapkan dengan pembahasan ini kita dapat lebih mudah dalam belajar membuat surat-surat penting untuk kebutuhan sehari-hari. Itu saja, semoga bermanfaat!