Contoh Surat Izin Menggunakan Gedung Sekolah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh saja ya, saat hendak mengadakan acara di sekolah misalnya reuni kita tentu membutuhkan surat izin menggunakan gedung sekolah sebagai lokasi untuk acara tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai contoh surat izin menggunakan sekolah tersebut. Yang akan kita bahas yaitu cara membuat surat izin tersebut dan juga contoh format surat-nya sekaligus. Jadi, setelah mempelajari pembahasan kali ini diharapkan kita dapat dengan mudah menyusun kebutuhan surat tersebut. 

Bisa dikatakan, surat ini masuk dalam kategori "Surat Izin Peminjaman Tempat" dimana didalamnya kita akan meminta atau memohon izin untuk menggunakan tempat atau gedung yang dibutuhkan. Tentu saja surat ini ditulis oleh pihak panitia kegiatan dan diajukan kepada pemilik tempat atau gedung yang akan digunakan. Kalau untuk gedung sekolah atau lokasi sekolah maka kita akan mengajukan izin ini kepada kepala sekolah sebagai pejabat yang berwenang. 

Izin seperti ini biasanya diajukan untuk berbagai tujuan kegiatan misalnya saja acara osis, acara pramuka, acara sispelam, kegiatan palang merah remaja (pmr) dan berbagai kegiatan lain. Sepanjang kegiatan tersebut akan menggunakan tempat atau gedung sekolah maka sudah wajib bagi penyelenggara atau panitia untuk mengajukan izin kepada pihak sekolah. 

Cara membuat surat izin menggunakan gedung

Bagaimana caranya untuk membuat surat ini? Caranya sama saja dengan ketika kita membuat surat resmi lain. Surat ini menggunakan format dan bentuk yang sama dengan jenis surat resmi lain dimana didalamnya terdiri dari bagian-bagian surat resmi mulai dari kop atau kepala surat, nomor surat, lampiran, hal atau perihal dan seterusnya. Bagian surat juga dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu pendahuluan, isi dan penutup surat. 

Kalimat atau bahasa yang digunakan dalam surat ini juga menggunakan bahasa baku yang baik dan benar. Informasi yang ada di dalam surat tersebut ditulis secara singkat, padat dan jelas sesuai tatanan atau aturan baku surat menyurat. Isi surat di awali dengan salam pembuka dan diakhiri dengan salam penutup. Pada bagian akhir, surat ini ditanda tangani oleh panitia yang terdiri dari ketua dan sekretaris. Sedangkan untuk bentuk penulisannya menggunakan bentuk surat yang umum digunakan. 

Dalam membuat surat permohonan izin seperti ini sangat penting untuk memperhatikan informasi atau isi surat yang ada di dalamnya. Kita harus tahu informasi apa saja yang sebaiknya ada dalam surat tersebut. Lalu apa saja informasi yang harus di tulis? Dalam surat ini ada beberapa informasi yang sebaiknya diperhatikan yaitu sebagai berikut!

1) Tujuan peminjaman gedung
2) Detail kegiatan
3) Pihak yang bertanggung jawab

Jelas sekali bahwa dalam surat izin ini tujuan peminjaman harus jelas diberitahukan. Misalnya saja gedung sekolah akan dipinjam untuk kegiatan apa, oleh siapa dan kapan. Maka dari itu di dalam surat ini juga akan disertakan informasi detail mengenai kegiatan yang membutuhkan gedung tersebut yaitu meliputi hari, tanggal, waktu, tempat (lokasi) dan acara atau kegiatan. Agar lebih jelas mari perhatikan petikan isi surat di bawah ini.

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 
Berkenaan dengan akan diselenggarakannya "reuni alumni", kami dari pihak panitia bermaksud meminjam tempat untuk kegiatan tersebut pada: 
Hari, Tanggal : Sabtu 30 Nopember 2013
Waktu : 08.00 – Selesai
Tempat : Alun – Alun Ponorogo 
Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih. 
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Petikan di atas adalah salah satu contoh bagian isi dari izin peminjaman gedung untuk sebuah kegiatan yang akan diadakan di sekolah. Bisa kita lihat bahwa disana disertakan juga informasi tentang acara yang akan diselenggarakan mulai dari acaranya apa, kapan diselenggarakan dan siapa yang menyelenggarakan. Jadi jelas sekali informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut.

Contoh format izin menggunakan gedung sekolah

Jika hanya melihat kalimat atau kata-kata yang ada di atas mungkin kita masih sedikit bingung terutama mengenai bentuk atau format penulisan surat tersebut. Ini tentu berkaitan dengan format penulisan yang harus kita ikuti dalam membuat surat ini. Maka dari itu, selain beberapa penjelasan mengenai cara pembuatan di atas kita juga bisa mempelajari contoh format untuk surat tersebut di bawah ini.

Contoh Surat Izin Menggunakan Gedung Sekolah
Gambar: Contoh Surat Izin Menggunakan Gedung Sekolah untuk Reuni


Di atas jelas sekali terlihat bagaimana gambaran format atau bentuk surat yang harus kita tulis. Dari contoh gambar blangko tersebut maka kita tahu bagaimana bentuk penulisan yang bisa kita ikuti dalam membuat surat izin penggunaan sekolah yang kita butuhkan. Ada kop suratnya, ditulis dengan bentuk surat semiblock dan ada tanda tangan panitia pada bagian akhir. 

Demikianlah sedikit pembahasan kita kali ini. Semoga dengan kita belajar bagaimana bentuk dan penyusunan surat ini dikemudian hari kita bisa membuat sendiri surat izin yang kita butuhkan. Sebagai tambahan silahkan pelajari juga beberapa bentuk surat izin lain yang sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan ini. Mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih.