Surat Undangan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Sedikit terlambat namun tak apalah yang penting belajar cara membuat undangan untuk acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW esok. Yang akan kita bahas tidak berbeda dengan berbagai contoh sebelumnya. Pembahasan kita akan mempelajari cara membuat surat undangan tersebut dan juga sekaligus membahas satu contoh yang sudah disiapkan.

Seperti kita ketahui, acara peringatan maulid nabi Muhammad SAW ini biasanya akan diperingati dengan mengadakan pengajian. Di acara tersebut biasanya pihak panitia akan mengundang jamaah dari masjid atau mushola lain serta masyarakat kaum muslimin. Maka dari itu panitia tentu perlu membuat surat undangan pengajian maulid nabi untuk disampaikan kepada para undangan.

Mengingat pentingnya acara tersebut maka kita harus bisa membuat surat undangan yang baik dan benar. Jangan sampai saat dibutuhkan, saat menjadi panitia, kita tidak bisa sama sekali membuat surat undangannya. Kan malu, bahkan lucu juga kalau sampai benar-benar tidak bisa membuatnya sendiri. Maka dari itu akan kita pelajari lebih jauh bagaimana undangan tersebut.

Pertama-tama kita akan belajar terlebih dahulu mengenai cara membuat surat undangan tersebut. Kita akan mempelajari bagaimana bentuk suratnya, kalimatnya dan susunan yang ada dalam surat yang kita butuhkan itu. Dengan begitu setelah mempelajarinya diharapkan kita bisa dengan murah membuat surat undangan sesuai kebutuhan.

Pada bagian kedua kita akan mempelaajari bentuknya langsung dengan melihat dan mengamati contoh surat undangan pengajian maulid nabi tersebut. Dengan begitu formatnya akan bisa dipelajari lebih jelas agar kita tidak bingung dalam menulisnya. Supaya tidak terlalu lama mari kita mulai langsung belajar membuat surat tersebut.

Cara penulisan surat udangan mualid nabi
Sama dengan bentuk undangan lain, undangan maulid nabi tersebut juga menggunakan format surat resmi. Didalamnya terdapat bagian-bagian surat resmi mulai dari kop surat, tanggal surat, perihal, lampiran dan seterusnya. Di dalam surat tersebut juga akan ditutup dengan tanda tangan panitia yaitu dalam hal ini ketua dan sekretaris yang menjadi panitia.

Surat undangan ini ditulis juga dengan menggunakan bahasa baku yaitu bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD. Masalah bentuk suratnya bisa sesuai kebutuhan bisa menggunakan full block style dan lain sebagainya. Kalimat yang ditulis tidak bertele-tele melainkan padat, singkat dan jelas. Agar ada gambaran bagaimana isi surat tersebut mari kita perhatikan contoh penyusunan kalimatnya di bawah ini.

Nomor:
Lampiran:
Perihal: Undangan

Kepada Yth
Bapak – Ibu kaum muslimin muslimat
Di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, sholawat serta salam kita sampaikan kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, beserta sahabatnya, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin.

Bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal : .....................................................
Jam : .....................................................
Tempat : .....................................................
Penceramah : .....................................................

Demikian Undangan ini kami sampaikan, dimohon kehadiran Bapak / Ibu tepat pada waktunya. Atas kehadirannya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh tersebut dari awal kalimat sampai terakhir namun tidak menyertakan kop atau kepala surat. Jadi, jika dibuat kita bisa menambahkan sendiri kop surat yang sesuai. Jadi dengan contoh di atas kita bisa menyalinnya untuk kemudian disesuaikan dengan data yang ada. 

Di atas tentunya hanya sebagian contoh yang bisa dipelajari kita bersama. Dari yang sudah disertakan tersebut kita bisa tahu proses penulisan surat undangan ini. Bisa kita lihat bahwa untuk undangan ini sama dengan yang lain juga bisa kita tulis menggunakan komputer atau menggunakan mesin ketik manual. 

Contoh surat undangan pengajian maulid nabi
Di atas kita telah mempelajari bagaimana bentuk susunan kata dan kalimat yang digunakan. Sekarang kita akan lihat contohnya dalam bentuk penulisan yang sudah rapih dalam kertas print ms word. Di bawah ini merupakan contoh yang dapat kita pelajari lebih jelas mengenai bentuk penulisannya. Yang tidak ditulis lengkap pada contoh tersebut adalah bagian kop surat dan juga data kegiatannya.

Untuk kop surat sendiri bisa disesuaikan dengan nama masjid atau mushola yang menjadi tuan rumah acara. Dibagian atas kop juga biasanya di tulis atas nama panitia penyelenggara kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Misalnya, bentuk kopnya seperti kalimat berikut.

Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Masjid Nurul Jannah
Kampung Rawa Bening, Jakarta Pusat

Kop undangan tersebut ditulis rata tengah dengan huruf kapital dan dapat menyertakan alamat lengkapnya sekaligus. Kemudian ditutup dengan garis tebal yang memisahkan antara kop dengan bagian surat berikutnya. Sekarang mari kita lihat bentuk contohnya di bawah ini.

Undangan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Meski sederhana namun surat undangan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Bukan hanya informasi yang disampaikan di dalamnya namun bentuk dan susunan kalimat yang ada dalam surat tersebut sebaiknya juga diperhatikan dengan benar. Jangan sampai ada kesalahan sedikitpun apalagi mengenai informasi acara yang akan dilaksanakan. 

Sedikit saja pembahasan kita kali ini mengenai surat undangan peringatan maulid nabi tersebut. Semoga bisa dijadikan bahan belajar bagi kita semua. Jika ada yang salah mohon dikoreksi karena kita sifatnya sama-sama belajar. Dan apabila dalam penyampaian saya ada yang kurang berkenan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih, salam hangat dari kami pengelola situs!