Contoh Surat Kagum untuk Senior Acara MOS

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Kagum untuk Senior - Melengkapi beberapa contoh surat pribadi yang sebelumnya telah diberikan, kali ini kita akan membahas satu jenis surat pribadi lainnya yaitu surat untuk kakak senior di acara MOS di sekolah. Tidak resmi memang karena bentuknya memang surat pribadi tetapi kadang kala ada yang bingung bagaimana membuat surat tersebut.

Surat yang dimaksud adalah surat yang isinya rasa kagum untuk senior yang ada di sekolah. Jadi sebenarnya bentuk surat ini bebas sesuai dengan si penulis sendiri. Masing-masing orang tentu akan membuat surat untuk kakak senior ini dengan cara dan isi yang berbeda.

Namun begitu, meski bentuknya terserah penulis tetapi masih banyak yang bingung. Karena itulah kali ini setidaknya akan diberikan satu contoh untuk surat tersebut. Dari contoh tersebut kita bisa belajar bagaimana dalam membuat surat pribadi. Kita juga bisa belajar dalam menyusun kata dan kalimat yang sesuai dengan inti tujuan yang diinginkan.

Untuk dapat memberikan fungsi yang diinginkan maka kali ini tidak hanya diberikan contohnya saja tetapi akan dibahas juga bagaimana cara membuat surat pribadi yang dimaksud tersebut. Dengan begitu kita nantinya bisa membuat sendiri surat yang kita butuhkan.

1) Tips cara membuat surat untuk senior

Seperti dijelaskan di awal, surat ini adalah jenis surat non formal sehingga penulisannya tidak harus mengikuti kaidah baku penulisan surat. Dengan begitu maka anda yang membutuhkan surat seperti ini bisa membuatnya sendiri sesuai keinginan dan tujuan masing-masing.

Bentuk surat ini bebas, begitu juga dengan susunan kalimat serta isi surat tersebut. Jika diinginkan, anda bisa membuat surat dengan bentuk dan tata penulisan yang unik dan menarik yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya saja anda bisa membuat suratnya dengan dihias sedemikian rupa agar lebih menarik dan indah.

Bahasa yang digunakan dalam surat ini juga tidak harus baku. Namanya surat pribadi, anda bisa menggunakan bahasa yang sesuai dengan keinginan. Yang terpenting adalah si penerima surat bisa memahami maksud dan isi dari surat yang dikirim.

Bentuk susunannya pun demikian, anda bisa menyisipkan humor dalam surat tersebut. Atau, anda bisa memilih kata-kata yang penuh makna yang dalam. Lalu, bagaimana dengan teknik penulisan suratnya, apakah bebas atau harus mengikuti aturan?

Penulisan surat juga bebas dan bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan anda. Anda bisa menulis surat untuk kakak senior di sekolah dengan tulisan tangan atau diketik menggunakan komputer.

Jadi, intinya untuk membuat surat ini anda bisa bebas membuatnya sesuai dengan kreasi anda sendiri. Terserah mau ditulis bagaimanapun, yang terpenting maksud dan isi suratnya bisa ditangkap dengan jelas oleh si penerima.

2) Contoh surat kagum untuk kakak senior

Sesuai dengan namanya, inti dari surat ini adalah mengungkapkan rasa kagum anda kepada kakak senior anda di sekolah. Jadi, pilihan kata dan kalimatnya tentu bisa dipilih sendiri sesuai dengan tujuan tersebut.

Namun begitu, perlu juga diingat bahwa rasa kagum ini berbeda dengan rasa cinta atau suka. Jadi, seseorang bisa saja kagum pada senior tetapi belum tentu dia suka. Makanya anda perlu berhati-hati dalam memilih ungkapan yang akan digunakan dalam surat tersebut.

Perlu digaris bawahi, kagum dengan kakak laki-laki tentu ungkapannya berbeda dengan kagum dengan kakak senior wanita. Misalnya, kalau pria diungkapkan tampan atau ganteng sedangkan wanita dikatakan cantik, anggun dan menawan. Ya sudah, kita lihat saja contohnya berikut!

Dear Kakak Cantik/Ganteng,
Di sudut manapun kakak membuka surat ini (Idih, muka jangan jutek gitu napa, cepat tua tau!)

Kak, tau enggak, pertama kali melihat sorot mata kakak, aku benar-benar kaget. Aku kira aku melihat mutiara yang menyilaukan, sampai-sampai mataku tak mau berkedip. Kakak kok bisa sih punya mata seperti itu?

Belum lagi ketika waktu aku mendengar tutur kata kakak yang lembut, tegas sekaligus memberikan rasa teduh, aku benar-benar kagum sama kakak! Kakak tahu kan pelangi, nah alis kakak itu loh persis seperti pelangi. Lengkungannya itu yang bikin aku gemes!

Kakak jangan tersinggung ya kalau aku berkata begitu. Bukan menggoda atau merayu, tapi aku benar-benar kagum berat sama kakak. Habisnya kakak adalah figur senior yang sempurna menurut aku.

Bukan salah kakak sih kalau kakak punya senyum manis, tapi senyuman kakak itu sudah bikin aku susah. Masak semenjak kenal kakak aku selalu insomnia, susah tidur gara-gara senyum kakak itu.

Apalagi kalau ingat cara kakak jalan, tap, tap, tap, tegap seperti langkah kaki kuda, mantap seperti bakso urat di kantin sekolah kita.

Mantap deh pokoknya kalau melihat kakak, seperti waktu aku pertama makan bakso di kantin kita. Rasanya pedas membara, gurih menggelitik hati dan letak tak pernah luntur di lidah. Eh, bwt kakak suka bakso tidak, kalau suka traktir aku ya, he ehe e… bercanda kak.

Surat Kagum untuk Senior

Tapi benar kok, dari sekian banyak kakak senior yang aku kenal, aku paling kagum dengan kakak. Kakak memiliki pribadi yang menarik, tutur kata yang tegas dan lembut, penampilan yang aduhai, pokoknya kakak keren deh…

Eh, sudah ya kak, kalau diteruskan, bisa sampai malam nih. Soalnya banyak hal yang membuat aku kagum sama kakak. Salam hangat dari aku ya kak…

--- oOo ---


Ingat, di atas hanya contoh saja. Anda yang ingin membuat surat untuk kakak senior bisa mencontoh atau membuat sendiri sesuai ide yang dimiliki. Tapi ingat ya, harus sopan sama yang lebih tua. Ya sudah, semoga contoh surat di atas bisa menjadi tambahan bahan belajar bagi kita semua, salam.