Contoh Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh SuratKeterangan Usaha dari Kelurahan – masih merupakan surat yang juga dibutuhkan ketika mengajukan pinjaman ke bank. Jenis surat ini kadang diminta pihak bank untuk melengkapi atau menguatkan permohonan kredit yang diajukan kepada pihak bank. Tujuan surat ini jelas yaitu untuk mengetahui apakah pemohon memiliki usaha yang sesuai dengan pengajuan kredit yang diminta.

Karena tidak tahu maka seringkali kita bingung ketika diminta untuk menunjukkan surat keterangan untuk jenis usaha yang kita jalankan. Padahal sebenarnya surat ini bisa diurus langsung ke kantor kelurahan atau desa melalui pejabat yang berwenang disana. Lalu kenapa kita harus belajar mengenai surat ini?

Dalam keadaan mendesak bisa saja anda harus membuat atau menulis sendiri surat ini. Contohnya ketika anda dikejar waktu tidak memiliki cukup waktu untuk menunggu surat dari kelurahan. Maka anda bisa berinisiatif menyiapkan suratnya baru setelah itu ke kelurahan untuk meminta pengesahan.

Ya tentunya penting untuk belajar membuat surat seperti ini apalagi untuk rekan pelajar. Maka dari itu kali ini kita juga akan membahas dua hal sekaligus. Pertama kita akan belajar bagaimana menulis surat ini. Berikutnya kita akan mempelajari langsung bagaimana bentuk suratnya melalui contoh yang disiapkan.

Dari dua pembahasan tersebut maka kebutuhan akan mudah dipenuhi. Bagi yang butuh surat ini bisa langsung melihat contohnya. Bagi yang ingin belajar surat menyurat bisa mempelajari cara membuatnya. Ya sudah, sekarang kita bahas langsung selengkapnya berikut.

1) Cara membuat surat keterangan usaha

Cara yang paling mudah untuk membuat surat ini adalah dengan datang ke kantor kelurahan langsung. Disana anda tinggal bilang untuk meminta surat keterangan usaha. Nanti anda akan ditanya beberapa data dan kemudian suratnya sudah siap. Ya memang demikian, surat ini memang bukan anda yang mengeluarkan melainkan dari kelurahan.

Kalau surat ini bisa langsung diminta di kelurahan lalu untuk apa kita belajar membuatnya? Tidak begitu, kadang kala juga kita kan butuh, atau mungkin ada yang ingin belajar surat menyurat lebih dalam makanya kita pelajari juga. Siapa tahu nanti anda jadi sekretaris kampung dan harus tahu hal ini, benar bukan?

Ya, surat ini adalah jenis surat resmi. Jadi surat ini dibuat dengan aturan pembuatan surat baku baik dari bentuk, penulisan maupun bahasa yang digunakan. Surat ini bisa anda buat dengan komputer yaitu diketik rapi dan dicetak dengan kertas yang sesuai.

Seperti surat lain, keterangan usaha diawali dengan kop surat surat resmi. Setelah itu ada judul surat yang diikuti dengan nomor surat. Nomor surat ini berbeda antara satu kelurahan dengan kelurahan atau desa lainnya. Selanjutnya isi surat di ketik seperti biasa layaknya surat resmi lain.

Dibagian awal, surat ini akan dimulai dengan kalimat “Yang bertanda tangan dibawah ini”, kemudian diikuti dengan identitas kepala kampung yang meliputi nama, NIP (jika ada) dan juga jabatan.

Setelah itu akan diikuti dengan kalimat “Dengan ini menerangkan bahwa”. Setelah kalimat tersebut maka akan ditulis informasi mengenai pemohon surat keterangan yang terdiri dari nama, jenis kelamin, umur, pekerjaan dan juga alamat. Dalam penulisan data tersebut jangan sampai salah, apalagi data nama yang bersangkutan.

Setelah data tersebut maka bagian berikutnya adalah keterangan yang berupa kalimat “Nama tersebut diatas adalah benar masyarakat Kampung …………… yang memiliki usaha di bidang ……………  di …………….” dan dilanjutkan dengan kalimat “Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.”

Pada bagian akhir surat ini kemudian ditandatangani dan dicap oleh kepala kampung. Cukup sederhana bukan bentuk dari surat ini? Ya, kalau sudah melihat contohnya, nanti anda pasti akan lebih paham dan pandai membuat sendiri surat tersebut. Sekarang lebih baik anda lihat dulu contohnya dibagian bawah.

2) Contoh surat keterangan usaha dari kelurahan

Kalau untuk contohnya tidak usaha dijelaskan panjang lebar ya. Anda pasti bisa mempelajari sendiri dengan melihat contoh surat yang sudah disiapkan berikut. Namun tak lupa kami ingatkan, contoh yang diberikan disini adalah dalam bentuk format gambar jadi tidak bisa disalin tulisannya.

Bagi yang membutuhkan bentuk tulisan bisa menyusun sendiri dari pembahasan pada bagian awal. Dengan begitu anda akan lebih paham dalam membuat suratnya sendiri menggunakan panduan dari gambar surat yang disediakan. Berikut contoh format surat untuk keterangan usaha yang anda butuhkan.

Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan
Contoh Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan atau Desa

Selesai sudah, sekarang anda sudah tahu bagaimana bentuk, susunan dan cara membuat keterangan usaha jika dibutuhkan. Mudah-mudahan penjelasan di atas cukup bisa dimengerti oleh pengunjung semua. Apabila ada yang kurang jelas silahkan langsung lihat pada contohnya saja. Sampai disini, salam hangat dari kami.