Surat Pernyataan Membebaskan Bank dari Segala Tuntutan

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Pernyataan tentang Membebaskan Bank Dari SegalaTuntutan – pernah mendengar surat seperti ini? Jarang memang, surat pernyataan seperti ini kadang digunakan ketika anda akan mengambil uang di bank pada tabungan atas nama orang lain yang sudah meninggal. Dalam hal ini contohnya anda adalah ahli waris syah yang akan mengambil uang tabungan milik almarhum ayah yang sudah meninggal.

Surat ini intinya adalah anda menyatakan untuk membebaskan pihak bank dari segala tuntutan hukum yang mungkin akan terjadi terkait penarikan dana tabungan milik almarhum, sebagai contoh tabungan almarhum orang tua di bank bri.

Tidak sulit sama sekali untuk membuat surat ini, karena intinya sama saja dengan surat pernyataan lainnya dimana anda tinggal menyatakan bahwa anda membebaskan pihak bank tersebut dari segala tuntutan hukum akibat penarikan dana yang anda lakukan. Kalau anda sudah tahu bagaimana bentuk umum surat pernyataan mungkin anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuatnya.

Tapi ingat, bahasa yang digunakan dalam surat ini juga harus resmi artinya menggunakan bahasa Indonesia baku yang baik dan benar. Lalu bagaimana bentuk surat ini sebenarnya? Bagi anda yang ingin membuat atau membutuhkan surat ini memang harus tahu dulu bagaimana format dari surat tersebut.

Untuk gambaran saja, surat ini diawali dengan judul surat seperti surat pernyataan lain. Kemudian surat ini dimulai dengan kalimat “Yang bertanda tangan di bawah ini”, yang kemudian diikuti dengan data diri yang membuat pernyataan. Data diri tersebut yaitu paling tidak terdiri dari Nama, Tempat Tanggal Lahir, Pekerjaan, No. KTP, dan juga Alamat.

Setelah itu tinggal di tulis isi pernyataan anda, contohnya yaitu “Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa saya membebaskan PT Bank Indonesia (Persero) Tbk. dari segala tuntutan hukum akibat pencairan TABUNGAN SIMPEDES An. …………………….

Kemudian, sebagai penutup, kalimat yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut “Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya untuk dipergunakan seperlunya.” Cukup mudah bukan, isinya sederhana namun memiliki kekuatan hukum karena pernyataan ini akan ditandatangani di atas materai.

Di atas adalah contoh untuk kata-kata atau kalimat yang ada dalam pernyataan tersebut. Tentu saja anda tidak harus mengikuti contoh di atas. Anda tidak harus membuat surat yang sama persis isinya dengan yang disebutkan di atas tetapi anda bisa menyesuaikannya. Atau, biasanya jika dibutuhkan, pihak bank akan memberikan contoh suratnya langsung kepada anda.

Jika memang tidak diberi contoh anda bisa memintanya, atau anda bisa melihat contoh yang sudah ada di situs ini. Dengan begitu maka segala urusan anda untuk menarik tabungan yang memang menjadi hak milik anda tersebut bisa segera selesai. 

Kalau persyaratan yang dibutuhkan tinggal surat ini saja maka sangat gampang. Karena anda bisa membuatnya sendiri, anda tidak membutuhkan tanda tangan orang lain untuk surat yang satu ini. Jadi, jika langsung dibuat tidak akan menghabiskan waktu yang lama.

Karena di atas belum diberikan contoh format untuk surat ini maka sebaiknya anda pelajari langsung bagaimana bentuk atau format surat tersebut. Agar lebih jelas sudah disiapkan gambar format surat tersebut untuk anda pelajari. Silahkan pelajari formatnya seperti pada gambar berikut.

Surat Pernyataan Membebaskan Bank dari Segala Tuntutan
Contoh surat pernyataan yang isinya membebaskan pihak bank dari segala tuntutan
akibat pengambilan tabungan atas nama orang tua

Sudah semakin jelas bukan? Sekarang anda tidak akan ragu dan takut tidak bisa membuat atau menulis sendiri surat ini. Tapi ingat ya, bukan ditulis tangan tetapi surat pernyataan ini anda ketik dengan komputer agar rapi.

Ya sudah, itu saja pembahasan contoh kali ini. Mudah-mudahan tambahan ini bisa menjadi referensi dan bahan belajar bagi kita semua. Dan semoga urusan yang berkaitan dengan pengambilan uang di bank atas nama orang yang sudah meninggal bisa cepat beres dan selesai. Cukup sekian, terima kasih atas waktu yang diberikan, salam hangat dari kami.