Surat Keterangan, Pengertian dan Contoh Lengkap

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Pengertian dan Contoh Surat Keterangan - Salah satu jenis surat yang sangat banyak dibutuhkan adalah surat keterangan. Surat ini dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali digunakan untuk berbagai kepentingan. Jenis surat ini memiliki banyak sekali macam atau jenis suratnya berdasarkan isi dari keterangan yang ada di dalamnya. Nah, pada kesempatan ini kita akan mempelajari lebih jauh mengenai surat resmi tersebut.

Kalau anda sering berselancar di internet mungkin anda pernah mendengar istilah surat keterangan doc, benar tidak? Ya, surat yang dimaksud adalah sebuah contoh surat yang ditulis dalam bentuk dokumen ketikan ms word yang bisa digunakan langsung oleh orang yang dibutuhkan.

Sebenarnya begitu banyak yang membutuhkan contoh untuk surat ini. Apalagi jika kita kurang begitu menenal dengan apa dan bagaimana surat tersebut. Maka dari itu pada pembahasan format contoh surat kali ini kita akan membahas mengenai hal ini secara lebih rinci. Kita bahas mulai dari awal yaitu definisi atau pengertian, cara membuat serta contoh untuk surat tersebut.

Dengan pembahasan yang menyeluruh dan lengkap diharapkan makin banyak yang tahu dan paham dengan surat ini. Ya sudah, lebih baik kita mulai saja belajar tentang surat keterangan tersebut. Berikut penjelasan lengkap mengenai materi kita kali ini, silahkan disimak.

A. Pengertian surat keterangan

Sebelum lebih jauh membahas mengenai surat ini kita bahas dulu mengenai pengertian surat keterangan tersebut. Ya, surat keterangan adalah surat resmi yang berisikan keterangan atas seseorang atau suatu hal. Jadi, sederhananya surat keterangan berfungsi untuk menerangkan suatu hal yang biasanya menyangkut kegiatan atau aktivitas.

Dari pengertian di atas maka dapat ditarik beberapa kesimpulan mengenai surat ini. Pertama adalah surat ini merupakan surat resmi, itu berarti semua hal yang berkaitan dengan surat tersebut harus resmi sesuai kaidah baku. Yang kedua adalah surat ini isinya adalah keterangan, bisa menerangkan suatu hal atau seseorang. Ketiga adalah surat ini bertujuan untuk memberikan keterangan.

Sekarang pertanyaannya adalah siapa yang diterangkan, siapa yang menerangkan dan apa yang diterangkan dalam surat tersebut. Tentu harus ada kejelasan mengenai hal tersebut sehingga kita bisa mengenal lebih jauh mengenai surat keterangan ini.

Kita bahas satu-satu, surat keterangan dibuat oleh seseorang yang memiliki kapasitas atau kewenangan untuk memberikan suatu keterangan yang dibutuhkan. Jadi tidak bisa sembarangan orang bisa memberikan surat seperti ini. Untuk siapa orangnya tentu bisa disesuaikan dengan keterangan yang dibutuhkan.

Lalu yang kedua siapa yang diterangkan, kalau berbicara mengenai siapa yang diterangkan tentu saja semua orang yang membutuhkan. Misalnya saja, anda membutuhkan surat keterangan maka anda lah orang yang bersangkutan yang akan diterangkan disana. Itu artinya semua orang atau masyarakat bisa dibuatkan keterangan yang dibutuhkan.

Selanjutnya mengenai isi, kalau masalah isinya sendiri tentu sesuai dengan yang dibutuhkan, bisa keterangan apa saja sesuai yang biasa dibutuhkan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, sekarang sudah jelas mengenai pengertian dari surat tersebut. Sekarang lebih baik kita bahas lebih jauh mengenai bagaimana cara menulis, mendapatkan atau mengurus surat ketrangan ini.

B. Cara mengurus surat keterangan

Di atas telah disebutkan bahwa surat ini bukan merupakan jenis surat yang dibuat oleh yang bersangkutan sendiri tetapi surat yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang atau yang memiliki kapasitas untuk memberikan keterangan. Maka dari itu tentu saja orang yang membutuhkan surat ini tidak perlu membuat sendiri melainkan tinggal mengurusnya.

Lalu mengurus surat ini dimana, bagaimana caranya? Untuk cara mengurus surat ini sendiri tentu saja tergantung dengan isi keterangan yang dibutuhkan. Misalnya saja untuk jenis keterangan untuk tempat tinggal (domisili) maka harus diurus dikantor kepala kampung, desa, lurah atau yang setingkat itu. Itu berarti untuk mendapatkan keterangan domisili anda harus memintanya kepada pejabat kampung (lurah atau kepala kampung).

Lain halnya jika keterangan yang dibutuhkan adalah jenis keterangan lain, misalnya keterangan bekerja, maka anda tentu harus memintanya ke tempat dimana anda bekerja. Tidak sulit kok, anda hanya harus datang saja ke kantor dan meminta surat yang dibutuhkan. Mungkin anda hanya akan diminta atau ditanya mengenai identitasnya saja.

Jadi, kesimpulannya untuk mengurus surat keterangan, apapun itu, anda hanya perlu datang ke tempat pengurusan surat sesuai keterangan yang anda butuhkan. Nah, selain itu, untuk mempermudah atau memperlancar proses pengurusan tersebut anda juga bisa menulis atau mengetik sendiri surat yang dibutuhkan. Setelah itu anda tinggal meminta pengesahan atau legalitas saja.

Untuk menulis sendiri surat tersebut maka anda perlu tahu bagaimana bentuk dan susunan surat yang biasa digunakan. Untuk itu tentu anda harus belajar untuk membuatnya sendiri. Tidak sulit, intinya tinggal diketik, kalau bentuk suratnya anda bisa melihat contoh yang sudah ada, baik dari internet maupun dari rekan atau orang lain.

C. Contoh surat keterangan

Di atas kan sudah dibahas mengenai definisi dan juga cara pengurusan surat-nya. Sekarang untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kita pelajari juga contoh suratnya sekaligus. Berikut ini akan dibahas lebih detail mengenai bagian-bagian surat serta bentuknya seperti apa.

Nah, untuk contoh surat keterangan ini ada banyak sekali yang biasa dibutuhkan. Ada surat keterangan yang dikeluarkan oleh kelurahan atau desa, ada yang dari instansi swasta dan lain sebagainya. Beberapa contoh keterangan yang biasa dibutuhkan antara lain sebagai berikut!

1) Surat keterangan kerja
2) Surat keterangan karyawan
3) Surat keterangan domisili
4) Surat keterangan sakit
5) Surat keterangan tidak mampu

Secara umum bentuk surat di atas sama saja satu sama lain. Yang membedakan adalah inti keterangan yang ada dalam surat tersebut. Keterangan kerja atau keterangan karyawan misalnya, yaitu untuk menerangkan status seseorang sebagai pekerja atau karyawan di suatu perusahaan atau instansi.

Lain halnya dengan domisili yang akan menerangkan status tempat tinggal seseorang, kalau keterangan sakit ya tentu isinya menerangkan seseorang yang sedang dalam keadaan sakit. Begitu seterusnya juga tidak berbeda untuk keterangan tidak mampu. Jadi, dalam berbagai keterangan tersebut keterangannya akan berbeda sesuai kebutuhan. Untuk gambaran bagaimana bentuknya silahkan perhatikan contoh di bawah ini.

contoh surat keterangan

Dari gambar di atas sekarang anda sudah mengetahui bagaimana bentuk dan susunan serta kalimat yang biasa digunakan dalam sebuah surat keterangan. Sekarang, jika anda membutuhkan surat seperti ini tinggal anda lihat saja keterangan apa yang anda butuhkan untuk kemudian melihat contohnya.

Contoh di atas adalah contoh untuk surat keterangan bekerja atau karyawan yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan. Keterangan lain bentuknya tidak berbeda jauh dengan contoh tersebut. Namun begitu agar lebih jelas dan lebih detail jika anda membutuhkan surat tertentu silahkan pelajari contohnya sesuai dengan jenis suratnya.

Itu saja, mudah-mudahan dengan pembahasan mengenai pengertian dan contoh surat keterangan yang sudah disampaikan di atas kita bisa lebih mahir lagi dalam membuat surat. Jangan lupa untuk mempelajari juga jenis surat lain yang sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan. Tetap kunjungi situs ini untuk mempelajari berbagai contoh surat yang anda butuhkan. Sampai disini, salam hangat dari kami.