Surat Pernyataan, Pengertian dan Contoh Terbaru

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Pengertian dan contoh surat pernyataan adalah pembahasan berikutnya yang akan kita dalami. Tentunya pembahasan tersebut akan mengupas lebih jauh mengenai apa dan bagaimana surat pernyataan yang biasa kita butuhkan. Jadi, dengan uraian ini diharapkan rekan semua bisa memahami dan mampu membuat sendiri surat ini dengan baik dan benar.

Anggap saja kita belum sama sekali tahu dengan surat ini, maka dari itu kita bahas dari awal mulai dari definisi, cara membuat sampai pada contohnya sekaligus. Jadi selesai membaca materi pembahasan ini kita paham benar apa yang dimaksud dengan surat pernyataan tersebut.

Kenapa harus mempelajari surat ini, apa pentingnya surat ini? Surat jenis seperti ini termasuk jenis surat yang cukup banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Wah, kalau dihitung-hitung tentu saja banyak sekali jenis surat seperti ini yang kita butuhkan. Maka dari itu penting bagi kita setidaknya untuk mengetahui dasar tentang surat ini.

Paling tidak, jika kita sudah pernah mempelajari tentang surat ini maka sewaktu-waktu dibutuhkan kita tidak akan bingung dan pusing untuk membuatnya. Jadi, tidak salah jika sekarang kita pelajari dari awal sampai akhir. Yuk kita mulai dengan memahami bagaimana definisi surat tersebut!

1) Pengertian surat pernyataan

Apakah yang dimaksud dengan surat pernyataan? Surat pernyataan adalah sebuah surat dibuat untuk menyatakan diri atau sesuatu. Surat ini dibuat sendiri oleh yang bersangkutan untuk menyatakan sesuatu yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan legalitas atau pengakuan hukum maka surat ini harus ditandatangani di atas materai cukup sehingga pernyataan yang dibuat dianggap bisa dipertanggungjawabkan.

Seseorang dapat membuat pernyataan untuk dirinya sendiri atau juga yang berkaitan dengan orang lain sesuai dengan kepentingan yang ada. Dalam kehidupan sehari-hari surat yang satu ini termasuk banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Lalu apa kegunaan atau fungsi dari surat tersebut? Fungsi surat ini sendiri adalah sebagai alat pembuktian atau pengakuan sekaligus sebagai bukti pertanggungjawaban atas pernyataan yang diberikan oleh seseorang. Jadi dengan adanya surat ini seseorang bisa dituntut dan menutut apa yang tidak sesuai dalam pernyataan yang diberikan.

2) Cara membuat surat pernyataan

Surat ini harus dibuat sendiri oleh yang bersangkutan, maka dari itu yang bersangkutan harus tahu bagaimana bentuk dan cara membuat surat tersebut. Meski dibuat sendiri tapi surat ini tentu tidak bisa dibuat sembarangan, anda harus membuat surat ini dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang berlaku pada umumnya.

Lalu bagaimana cara penulisan surat ini? Kalau penulisan atau pengetikan surat-nya mudah. Yang perlu diperhatikan adalah apa yang akan diketik. Perlu kita tahu, setidaknya surat ini terdiri dari beberapa bagian mulai dari judul sampai pada tanda tangan. beberapa bagian yang dapat dikenali yaitu sebagai berikut:
a. Judul surat
b. Kalimat pendahuluan
c. Identitas pembuat pernyataan
d. Isi pernyataan
e. Kalimat penutup
f. Tanda tangan dan nama jelas
g. Mengetahui (jika dibutuhkan)

Judul surat sama saja dengan nama surat yang biasa ditulis rata tengah dengan huruf kapital pada bagian awal surat. Setelah judul, berikutnya adalah kalimat pendahuluan. Kalimat pertama untuk surat ini biasanya berbunyi “Yang bertanda tangan di bawah ini:”. Penulisan kalimat tersebut seperti paragraf biasanya sesuai kaidah penulisan surat resmi.

Setelah kalimat tersebut, berikutnya adalah informasi mengenai identitas pembuat pernyataan. Identitas ini bisa ditulis sesuai kartu tanda pengenal mulai dari nama, tempat tanggal lahir dan seterusnya. Baru setelah identitas ditulis, berikutnya adalah isi dari pernyataan. Untuk isi pernyataan tentu disesuaikan dengan kebutuhan.

Bagian selanjutnya akan ditulis kalimat penutup, yang biasanya berbunyi “Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Apabila dikemudian hari ternyata melanggar atau pernyataan ini tidak benar maka saya siap menerima segala konsekuensinya sesuai dengan hukum yang berlaku”.

Selanjutnya, bagian yang paling akhir adalah tempat, tanggal dan tahun surat yang diikuti tanda tangan dan nama terang. Pada bagian ini perlu diingat bahwa tanda tangan harus dibubuhkan di atas materai agar berkekuatan hukum. Jika dibutuhkan, pada bagian akhir juga bisa ditambahkan mengetahui, misalnya mengetahui kepala kampung, camat dan lain sebagainya.

Itulah tadi bagian-bagian dalam surat pernyataan. Dengan mengetahui berbagai bagian tersebut maka anda bisa membuat sendiri surat yang dibutuhkan. Tinggal disiapkan saja data yang dibutuhkan dan juga pernyataannya seperti apa. Untuk bentuk penulisannya bisa dilihat pada bagian contoh.

3) Contoh surat pernyataan

Kalau di atas kita telah mempelajari pengertian dan juga mengenai penulisan maka sekarang kita lihat bagaimana contoh untuk surat ini. Dalam kehidupan sehari-hari banyak jenis pernyataan yang sering dibutuhkan. Ada pernyataan untuk urusan-urusan yang sederhana dan ada juga untuk urusan yang cukup serius.

Sebut saja misalnya pernyataan jejaka yang kadang dibutuhkan untuk pengurusan proses pernikahan. Ada juga contoh lainnya yaitu pernyataan ahli waris dan lain sebagainya. Beberapa contoh lain yang juga banyak dibutuhkan yaitu sebagai berikut.

a) Surat pernyataan pengunduran diri
b) Contoh surat pernyataan diri
c) Surat pernyataan kesanggupan
d) Surat pernyataan hutang
e) Surat pernyataan kerja
f) Surat pernyataan doc

Di atas adalah contoh berbagai jenis pernyataan yang biasa banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja, selain contoh di atas masih banyak lagi pernyataan-pernyataan lain yang bisa dibutuhkan. Bagaimana kemudian jika kita ingin membuat surat tersebut, bagaimana bentuk penulisannya? Berikut sudah disiapkan dua contoh untuk anda, silahkan dipelajari lebih jauh berikut.

contoh surat pernyataan bekerja
Contoh Format Penulisan Surat Pernyataan Kerja

contoh draft surat pernyataan untuk melamar kerja
Contoh Surat Pernyataan untuk Bekerja
Bagaimana, cukup jelas bukan bagaimana bentuk penulisan surat pernyataan? Ya, ingat yang di atas hanya dua contoh saja. Pada dasarnya sih bentuknya secara umum tidak jauh beda dengan yang ada di atas. Kalau anda ingin membuat surat pernyataan anda bisa menyesuaikannya lebih jauh.

Itu saja pembahasan kita kali ini, mudah-mudahan apa yang sudah dibahas di atas bisa menjadi tambahan ilmu bagi pembaca semua. Semoga dengan ini kemampuan kita dalam menyiapkan segala bentuk surat menyurat bisa lebih baik lagi. jangan lupa lihat dan pelajari juga beberapa format surat lainnya dibagian bawah.